PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Arsyia Fajarrini Fetty Ernawati

Abstract


Abstrak

Setiap lembaga pendidikan anak usia dini berlomba-lomba menawarkan keunggulannya untuk menarik minat masyarakat. Dibutuhkan koordinasi yang baik antara guru dengan kepala sekolah dalam menciptakan inovasi memasarkan jasa pendidikan. Lembaga ini sudah dua kali memperoleh akreditasi A, yaitu pada tahun 2007-2012 dan2020-2025.Permasalahan dalam penelitian ini adalah tidak semua guru dilibatkan dalam sosialisasi pemasaran dimasyarakat, sasaran tempat setiap tahunnya sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan di RA AR Rasyid dan pelaksanaan bauran pemasaran jasa pendidikan di lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di RA AR Rasyid Ngemplak Kartasura Tahun Ajaran 2019/2020 pada rentang waktu bulan September 2019 sampai Maret 2020. Penelitian ini dapat disimpulkan; pertama, RA AR Rasyid memasarkan jasa pendidikannya melalui sosialisasi di berbagai ajang pertemuan warga dan sosial media untuk memasarkan jasa pendidikannya. RA AR Rasyid menerapkan empat dari tujuh bauran jasa yaitu, promosi, produk, harga, dan lokasi.

Kunci Kunci : Pemasaran Jasa Pendidikan

 

Abstract

Every early childhood educational institution competes to offer its advantages to attract the interests of prospective students. Therefore, it is needed between the teacher and the principal in creating innovation. RA AR Rasyid has obtained A accreditation twice, namely in 2007-2012 and 2020-2025. The problem in this study is that not all teachers are involved in marketing socialization in the community, where the target marketing for every outcome is the same. . This study aims to determine the marketing strategy of education services at RA AR Rasyid and the implementation of marketing mix at the institution. This study uses descriptive qualitative method which was carried out at RA AR Rasyid Ngemplak Kartasura in the Academic Year of 2019/2020 in the span of September 2019 to March 2020. From this study it can be concluded that; first, RA AR Rasyid markets its education services through socialization in various community gathering. RA AR Rasyid applies four of the seven marketing mixes, namely, promotion, products, prices, and places.

Keyword: Education Marketing Service


Keywords


Pemasaran Jasa Pendidikan

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Abdullah, T & Tantri, F. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Adam, Muhammad. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchori. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Azizah, Siti L. 2017. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di PAUD Plus Darussalam Bojonegoro. Jurnalmahasiswa. 1(1)

Denzin, K, Norman & Linclon, S, Yvonna. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Guntur, M Efendi. 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran membangun Citra Negara. Jakarta: CV Sagung Seto.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Ivy, Jonathan. 2008. A New Higher Education Marketing Mix: the 7PS for MBA Marketing. Emerald Group Publishing Limited, 4(22): 288.

Kalenskaya, Nataliya, dkk. 2013. Marketing of Educational Services: Research on Service Providers Satisfaction. Procedia Economics and Finance, 5(1): 369

Kotler, P & Keller, L. 2009. Manajemen pemasaran edisi 12. PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler, P. & Amstrong, G. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Keller, K. L. 2008. Manajemen Pemasaran. PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler, P. 1999. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga

Kotler, P.2004. Manajemen Pemasaran Sudut Pandang Asia. Klaten: PT. Intan Sejati.

Laeli Mubaridah. 2016. Manajemen Pemasaran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Pada Lembaga PAUD Di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang). Skripsi tidak diterbitkan.

Lovelock, C. H & Wright, L.K 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Intermasa.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Maskub Abrori. 2015. Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Pg/Tk Samarinda. Syamil. 3 (2): 230-232.

Moleong, Lexy. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, dkk. 2009. Manajemen Pendidikan, Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group.

Muri A Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Group.

Prastowo, Andi. 2014. Memahami Metode-Metode Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Satori, Djam’an. & Komariah, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sholihah, M. 2018. Implementasi Marketing Pendidikan Di Taman Kanakkanak (Tk) Aisyiyah Ganten, Kerjo, Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suvidian, E. 2007. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Untuk Meningkatkan Kepercayaan (Trust) Stakeholders Di Tk Amal Insani Depok Yogyakarta. Jurnal Warna. 1(1): 117, 122.

Swastha, B. 1999. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta:Liberty

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa Prinsisp, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Usman, H.2011. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, David. 2012a. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba empat.

Wijaya, David. 2016b. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyani, Novan Ardy. 2017. Manajemen PAUD Berdaya Saing. Yogyakarta: Gava Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.