UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR
Abstract
Era milenial menuntut anak usia dini untuk mahir dan cakap dalam segala aspek pembelajaran, termasuk mahir dalam berbahasa. Salah satu keterampilan berbahasa yang tidak kalah penting adalah dalam aspek membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini berada di TK Kriwen Kecamatan Sukoharjo. Waktu penelitian dari bulan Agustus 2019 sampai dengan Desember 2019. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media kartu kata bergambar. Dengan penerapan kartu kata bergambar tersebut siswa menjadi lebih mudah mengeja kata.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif S Sadiman dkk. 1986. Media pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatan.Jakarta: P.T Raya Grafindo Persada.
Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Ahmad Susanto.2011. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia
Budiarto, Tri.2008. Pendidikan Keterampilan. Surakarta:uns press
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiadi Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia dini. (tidak diterbitkan)
Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press
Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rofiāudin, Ahmad. & Zuchdi ,Darmiyati. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang :Universitas Negeri Malang
Refbacks
- There are currently no refbacks.