MENILIK KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DARI SUDUT PANDANG PENGORGANISASIAN IKLIM DAN PENGELOLAAN KELAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilik ulang kualitas sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dilihat dari sudut pandang pengorganisasian iklim dan dalam proses pengelolaan kelas, dikarenakan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh iklim organisasi dan kualitas proses pendidikan, namun dalam pelaksanaannya dua hal tersebut kurang menjadi perhatian dalam proses pengorganisasian sebuah lembaga pendidikan khsusunya PAUD sehingga perlu dikaji lebih dalam terkait pentingnya pengorganisasian iklim dan pengelolaan keas dalam menentukan kualitas lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan (library research), yaitu pengumpulan data diperoleh dari berbagai literatur yang selanjutnya dikaji dan dianalisa secara mendalam yang selanjutnya ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini akan diuraikan bagaimana identifikasi permasalahan yang ada dilingkungan sekolah, bagaimana pengorganisasian iklim dan pengelolaan kelas dapat memberikan dampak pada kualitas pendidikan, dan bagaimana solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan kualitas pengorganisasian iklim dan pengelolaan kelas. Sehingga dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif solusi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran khusunya dalam pengorganisasian iklim dan pengelolaan kelas.
Kunci Kunci : kualitas PAUD, pengorganisasian iklim sekolah, pengelolaan kelas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.