PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN JAMAAH MENDAFTAR UMRAH DI BIRO ALSHA TOUR SURAKARTA

Novi Andriani, Ardi Wahyu Tri Aryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap keputusan jamaah mendaftar umrah di biro Alsha Tour Surakarta. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan jamaah. Sedangkan variabel independen adalah brand ambassador. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh jamaah Alsha Tour Surakarta sebanyak 300 jamaah. Sampel dipilih dengan metode accidental sampling serta menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% dan diperoleh 75 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan regresi linear sederhana sebagai teknik analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Ustad Ahmad Al Habsyi sebagai brand ambassador pada Biro Alsha Tour dapat mempengaruhi keputusan jamaah untuk menggunajan biro tersebut.

Keywords


Pengaruh, Brand Ambassador dan Keputusan Jamaah

Full Text:

PDF

References


Aya, D. (2013). Peran Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pilkada Bupati 2010 di KAbupaten Halmahera Selatan. Jurnal Ilmu Politik, 1–18.

Buddy, & Tabroni. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Travel Umrah Dan Haji Di Jakarta Timur). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 110–125.

Ghojali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivarete.

Ghozali, S. (2017). Pengharuh Brand Ambasador, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Vivo V5 Plus Diplasa Marina. 6(November), 1–15.

Mudzakir, F. (2012). The Influence Of Brand ambasador Usage Toward Brand Ambasador. Irons, 648–655.

Muslim, S. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Brand ambassador dan Brand Image Idol K-POP Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Perusahaan E-commerce Tokopedia). Eprints.Ums.Ac.Id.

Muthohar, M., & Triatmaja, A. R. (2013). Pengaruh Endorser Ulama Terhadap Sikap dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 19(1), 86–99.

Nafidah, N. (2015). Pengaruh Kinerja Pustakawan Terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Universitas Indonesia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nashrullah, N. (2018). Jamaah Umrah 2018 1,1 Juta Orang, 2019 Diprediksi Bertambah. Retrieved November 11, 2019, from Ihram.co.id website: https://ihram.co.id/berita/pjxy9w320/jamaah-umrah-2018-11-juta-orang-2019-diprediksi-bertambah

Nurul & Romli. (2019). Strategi Pemasaran Paket Ibadah Haji Dan Umroh Dalam Mertekrut Jamaah Di Pt. Sela Expres Tour Kota Pekanbaru. Jrmdk, 1(3), 183–200.

Priyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif.

Ristianto, C. (2020). Data Kependudukan 2020 Penduduk Indonesia 268.583.016 Jiwa. Retrieved from www.kompas.com website: https://www.google.com/amp.kompas.com/nasional/read/2020/08/12/15261351/data-kependudukan-2020-penduduk-indonesia-268583016-jiwa

Rita. (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Saputri, E. (2018). Pengaruh Iklan dan Brand ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone OPPO di OPPO Center Jember.

Sulaiman, S. (2019). Begini Historikal Jumlah Jamaah dan Potensi Pasar Umrah di Indonesia. Retrieved from Bareksa,com website: https://www.google.com/amp/www.bareksa.com/berita/reksa-dana/2019-12-03/begini-historikal-jumlah-jamaah-dan-potensi-pasar-umroh-di-indonesia/amp

Yahya, F. (2020). Data Populasi Penduduk Muslim 2020 : Indonesia Terbesar Di Dunia. Retrieved from IBTimes.id website: https://ibtimes.id/data-populasi-penduduk-muslim-2020-indonesia-terbesar-di-dunia/

Zhang, Y., & Neelankavil, J. P. (1997). The influence of culture on advertising effectiveness in China and the USA A cross-cultural study. 31(2), 134–149.




DOI: https://doi.org/10.22515/ajdc.v2i2.3189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.