HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI DAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KEDISIPLINAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, F., Restuni, F. R., Detty, A. U., Hutasuhut, A. F., Artini, I., & Dalfian. (2021). Penyuluhan Tentang Pentingnya Mematuhi Protokol Kesehatan Di Era Pandemi Covid-19 Di UPT Puskesmas Kampung Sawah Bandar Lampung. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4, 207–212. https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i1.3673
Ariawan, I., Riono, P., Farid, M. N., Jusril, H., & Wahyuningsih, W. (2021). Proyeksi Covid-19 Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat, Kedeputian Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan, Kementerian PPN/Bappenas.
Atmojo, J. T., Syujak, A. R., Daryanto, Jayanti, S. W., Suciyati, S., Ernawati, H., & Iswahyuni S. (2021). Efektivitas Dan Potensi Risiko Physical Distancing Pada Masa Pandemi. Avicenna: Journal Of Health Research, 4(1), 69–80.
Baron, A. R., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Changing Public Behavior. (2015). Behavior Change Theories And Techniques I. Retrieved from https://fyi.extension.wisc.edu/wateroutreach/files/2016/04/CPB-Behavior-Change-TheoriesTechniques8.pdf
Covid-19, S. T. P. (2021). Peta Sebaran Kasus Covid-19.
Davidoff, L. (1991). Psikologi Suatu Pengantar: Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Decenzo, & Robbins. (2010). Fundamentals Of Human Resource Management. Hoboken, New Jersey, United States: John Wiley and Son.
Fitria, L. (2016). Hubungan Antara Pengasuhan Orangtua Dengan Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Peraturan Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konsling, 2(1), 1–7.
Goleman, D. (2014). Emotional Intelligence (Terj.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gunawan, L. N. (2017). Kontrol Diri Dan Penyesuaian Diri Dengan Kedisiplinan Siswa. Psikoborneo, 5(1), 16–24. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i1.4326
Hasanah, A., Hardiawan, D., Marrosa, J., Ramadhan, A., Heriyaldi, H., Sihaloho, E. D., & MS, A. Y. (2021). Behavioral Changes In Accessing Outpatient Care During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 6(1), 10–22. https://doi.org/10.7454/eki.v6i1.4863
Ichsan, B. (2018). Penerapan Teori Perubahan Perilaku Kesehatan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Skripsi (Tidak Dipublilkasikan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 50–55. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.3.2.105-110
Juhaina, E. (2021). Penyelidikan Epidemiologi Kasus Covid-19 Pada Klaster Perkantoran Di Kabupaten Musi Banyuasin. Electronic Journal Scientific Of Environmental Health And Disease, 2(1), 10–17. https://doi.org/10.22437/esehad.v2i1.13734
Kairupan, T. S., Rokot, N. T., Lestari, H., Rampengan, N. H., & Kairupan, B. H. R. (2021). Behavioral And Emotional Changes In Early Childhood During The COVID-19 Pandemic. E-CliniC, 9(2), 402-411. https://doi.org/10.35790/ecl.v9i2.34014
Kartini, K., Wijoyo, E. B., Istifida, R., Wibisana, E., Nuraini, N., & Nainar, A. A. A. (2021). Penyuluhan Kesehatan Dalam Upaya Perubahan Perilaku Pencegahan Penularan Covid-19 Di Kota Tangerang, Banten. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 36–43.
Kemenkes RI. (2020). KMK Nomor Hk.01.07/Menkes/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Tempat Kerja. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2019, 1–39.
Knell, G., Robertson, M. C., Dooley, E. E., Burford, K., & Mendez, K. S. (2020). Health Behavior Changes During Covid-19 Pandemic And Subsequent “Stay-At-Home” Orders. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 17(17), 1–16. https://doi.org/10.3390/ijerph17176268
Liliweri, A. (2017). Komunikasi Antarpersonal. Jakarta: Kencana.
Long, V. J. E., & Liu, J. C. J. (2021). Behavioural Changes During The Covid-19 Pandemic: Results Of A Nationwide Survey In Singapore. Annals Of The Academy Of Medicine, Singapore, 50(3), 222–231. https://doi.org/10.47102/annals-acadmedsg.2020391
Lunn, P., Belton, C., Lavin, C., McGowan, F., Timmons, S., & Robertson, D. (2020). Using Behavioural Science To Help Fight The Coronavirus. Journal of Behavioral Public Administration, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.30636/jbpa.31.147.
Lystianingrum, N., & Philona, R. (2021). Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi. Binawakya, 15(7), 4727–4740. https://doi.org/10.33758/mbi.v15i7.943
Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan Self Awareness Dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasional Bidang BK Pribadi). Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.555
Mandatu, A. (2010). Pikiran Sosial Manusia: Sebuah Pengantar Singkat Psikoedukasi. Psikoeduka.
Martins, É., & Ramos, S. (2019). Behavioral Change And The Pandemic. Leds Global Partnership, 1–6.
Masri, S. (2020). Multicutural Awareness Teknik Cinemeducation Dan Biblitheraphy. Gowa: Aksara Timur.
Morin, A. (2011). Self-Awareness Part 1: Definition, Measures, Effects, Functions, And Antecedents. Social And Personality Psychology Compass, 5(10), 807–823. https://doi.org/10.1111/j.1751-9004.2011.00387.x
Muslim, M. (2020). Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.
Robbins, S. P., & Mary, C. (2005). Manajemen. Jakarta: Gramedia.
Saifuddin, A. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Jakarta: Kencana.
Saifuddin, A. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Psikologi. Depok: RajaGrafindo Persada.
Sampeliling, A. (2016). Faktor–Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Kinerja, 12(1), 1–17. http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v12i1.14
Saputra, H. Y. (2020). Hubungan Antara Keyakinan Diri dan Perilaku Disiplin Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMK Kelas XI Se-Kecamatan Boja. Skripsi (Tidak Dipublilkasikan). Universitas Negeri Semarang.
Schneider, A. (2008). Personal Adjustment And Mental Health. New York: Holt, Renehart And Winston Inc.
Sinambela, L. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Singodimedjo, M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Steers, R. (1985). Efektivitas Organisasi Kaidah Perilaku. Jakarta: Erlangga.
Sunarto, A., & Hartono, A. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Willis, S. (2010). Remaja Dan Masalahnya. Bandung: CV. Alfabeta.
Wrosch, C., Amir, E., & Miller, G. E. (2011). Goal Adjustment Capacities, Coping, And Subjective Well-Being: The Sample Case Of Caregiving For A Family Member With Mental Illness. Journal Of Personality And Social Psychology, 100(5), 934–946. https://doi.org/10.1037/a0022873
Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, Dan XII Di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35-44. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19987
DOI: https://doi.org/10.22515/ajpc.v2i2.4259
Refbacks
- There are currently no refbacks.