Incorporating Bahasa dan Culture Dalam Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab
Abstract
Bahasa merupakan salah satu ciri khas untuk membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Bahasa sebagai suatu sistem alat komunikasi adalah suatu bagian dari sistem budaya, bahkan merupakan bagian inti dari budaya. Budaya manusia tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya bahasa, karena bahasa merupakan faktor utama yang menentukan terbentuknya suatu budaya. Dalam menyusun sebuah kurikulum kita harus mengetahui landasan-landasan yang kuat yang didasarkan pada pemikiran yang mendalam terlebih dahulu dan kurikulum disusun berdasarkan kondisi sosial dan budaya. Faktor budaya sangat penting dalam menyusun sebuah kurikulum yang relevan, bahwa kurikulum merupakan sebuah alat untuk merealisasikan pada sistem pedidikan sebagai usaha untuk mengawetkan kebudayaan itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian library research (studi pustaka) yang mengandalkan buku-buku ataupun jurnal, kemudian peneliti menganalisis data dengan metode contect analysis (analisis isi).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
An Naqoh, M. K, dan Rusdi, A. T. (2006). Ta’limu Al Lughoh Ittisholiyah baina Al Manhaji wa Al Istirotijiyyah. Rabat: ISESCO.
Aminnudin. (1988). Semantik. Bandung: Sinar Biru.
Abu, Khoiri Syairi, Pembelajaran Bahasa dengan Pendekatan Budaya, (Dinamika Ilmu, Vol. 13. No. 2, Desember 2013)
Abdullah, Mustofa, Bouchouck, Ta’lim wa Ta’allum Al Lughoh Al Arabiyyah Wa Tsaqofatuna, (Rabat: Maktabah Dar Al Aman, 1994)
Chaer Abdul. (2004). Sosiolinguistik, Jakarta: Reneka Cipta.
Chaer Abdul. (2003). Linguistik Umum, Jakarta: Rineka Cipta.
Devianty, Rina, Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan, (Jurnal Tarbiyah, Vol. 24, No.2 Desember 2017)
Hamalik Oemar. (2013). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Ghufron, Anik, Desain Kurikulum yang Relevan untuk Pendidikan Karakter, FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Mulyana, Deddy dan Jalaluddin Rakhmat. (2006). Komunikasi Antar Budaya: Pandungan Berkomunikasi dengan Orang-orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, Ahmad Sayuti Anshari, Memahami Ragam Bahasa Arab Melalui Pendekatan Budaya (Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di Jakarta 11 Desember 2008)
Syaodih, Nana Sukmadinata. (1997). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara.
Walfajri, Landasan Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab. An-Nabighoh, (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 2018)
DOI: https://doi.org/10.22515/attarbawi.v5i2.2297
Refbacks
- There are currently no refbacks.