KAJIAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN RESITASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA SISWA SD

rima lutfi, Nurwulan Purnasari

Abstract


This research aims to review the application of discovery learning methods and recitation methods towards student's learning interest in primary school. This research uses meta-analysis model and the data was collected from theories and research result in e-journal from Google Cendekia and IAIN's library. Data analysis performed with a qualitative descriptive step. This study revealed that discovery learning methods was able to increase student's learning interest between 11% until 49% with average point 21,39%. Based on the results of the analysis, it concluded that the application of discovery learning methods and recitation learning methods in learning could increase primary student learning interest, especially in science subjects.

Keywords


discovery learning; recitation; interest in learning; science subject; primary school

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal, Siti Kamsiyati, Idam Ragil W A. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Realita terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal PGSD FKIP UNS, 1 (1).

Darmawan, Deni dan Dinn Wahyudin. 2018. Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Handayani, Diana Endah dan Ana Ariyana. 2014. Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Negeriku Kelas IV SD Negeri 6 Suwawal Jepara. Jurnal Malih Peddas, 4 (1).

Hernawati, Eneng. 2017. Penerapan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA di Kelas IV SDN Ciputat 04 Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 12 (2).

Hidajat, Helga Graciani. 2017. Pengaruh Metode Discovery terhadap Minat Belajar IPA Siswa SD. Jurnal

Pedagogy, 4 (2).

Kasmiatin. 2019. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Penyesuaian Hewan dan Lingkungannya melalui Metode Resitasi. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 3 (4).

Kompri. 2017. Belajar; Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jogjakarta: Media Akademi.

Kristin, Firosalia. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2 (1).

Misna, Achmad Ramadhan, dan Bustamin. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas di Kelas IV SDN No 3 Parigi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5 (2).

Mulyasa. 2017. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyati dan Mona Novita. 2019. Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Jurnal Nur El-Islam, 6 (1).

Nurafiat, Novi dan Fitri Hilmiyati. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Konsep Magnet melalui Metode Inquiry-Discovery Learning. Jurnal Ibtida’i, 2 (2).

Pandiangan, Anjani Putri B. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Putrayasa, I Made, Syahruddin, dan I Gede Margunayasa. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2 (1).

Ratumanan. 2015. Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Jogjakarta: Penerbit Ombak.

Rosarina, Gina, Ali Sudin, dan Atep Sujana. 2016. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1).

Sagala, Syaiful. 2017. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Husada.

Setiani, Ani dan Donni Juni Priansa. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Siswanti, Rini. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA SD. Indonesian Journal of Education and Learning, 2 (2).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Ismail, Indah Wigati, dan Imas Masripah. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII MTS Patra Mandiri Plaju Palembang. Jurnal Bioilmi, 1 (1).

Sumarniti, Ni Nym., I Nym. Arcana, dan I Md. Citra Wibawa. 2014. Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV di SD Gugus VII Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1).

Syofyan, Harlinda. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V melalui Metode Resitasi di SD Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (1).

Tumurun, Septiani Wahyu, Diah Gusrayani, dan Asep K. J. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat-sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1).

Wadirah. 2017. Pemanfaatan Metode Eksperimen, Metode Tugas atau Resitasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Jenis Makanan Hewan bagi Siswa Kelas IV di SD Inpres 17 Kabupaten Sorong Tahun 2013. Jurnal Pendidikan, 5 (1).

Widiasworo, Erwin. 2017. Masalah-Masalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. Jogjakarta: Araska.

Yuliana, Nabila. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (1).




DOI: https://doi.org/10.22515/attarbawi.v5i2.2562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.