Memahami Penerapan Model Kurikulum Darurat di Masa Pandemi Covid-19: Kasus Pembelajaran Matematika SD/MI di Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A.Hidaayatullaah, N., H. S., M., R. F., & Mutakinati5, D. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education (SiPoSE), 1.
Achruh, A. (2019). Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8.
Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02). https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933
Amin, K. (2020). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 : panduan Kurikulum darurat pada Madrasah. Kementerian Agama.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Estudios Demográficos y Urbanos, 2(1). https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Fatma Dewi Wahyu Aji. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. 2.
Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1).
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3).
Harususilo, Y. E. (2020). Kurikulum Darurat : Sekolah bisa Pilih 3 Kurikulum.
Hermawan, Y. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Pendidik di Era Digital. QUALITY, 8.
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 2.
Insani, A., Yufiarti, & Yetti, E. (2021). Parental Involvement and Mothers’ Employment on Children’s Independence During Covid-19 Pandemics. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1). https://doi.org/10.21009/jpud.151.02
Jusuf, R., & Maaku, A. (2020). Kurikulum Darurat Covid 19 Di Kota Kotamobagu; Fenomena Dan Realita Guru Madrasah. Ilmiah Iqro’, 2.
Kurnianto, B., & Ravita, D. R. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA).
Mokodompit, I. S. (2020). Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6. https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2200
Munajim, A., Barnawi, & Fikriyah. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4.
Muzayanah, U., Wibowo, A. ., & Muawanah, S. (2020). Implementasi Kurikulum Darurat di Tengah Pandemi Covid-19. Balai Penelitian Dan Pengembangan Agama.
Nggema, A. R., Indrawan, I. P. E., & Anggreni, N. L. P. Y. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Santo Yoseph Denpasar. 1–26.
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Pratiwi, A. sukmawati. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 di SD TI 030 Batu Belah Kelas VI. 5.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. 6.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sanjaya, J. B., & Rastini. (2020). Implementasi Kurikulum Darurat Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan. Journal of Indonesian Law, 1.
Sari, N. (2020). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daringmasa Pandemic Covid-19 di MIN 3 Medan. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3). https://doi.org/10.51178/jetl.v2i3.67
Wilson, J. P. (2011). Delivering E-Learning: A Complete Strategy for Design, Application and Assessment. Industrial and Commercial Training. https://doi.org/10.1108/ict.2011.03743gaa.002
Yudi Candra Hermawan, Wikanti Iffah Juliani, & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam. Mudarrisuna, 10.
Zafira Nabila Hilmy , Ertika Yenny, C. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi. Jurnal l Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.
Zhou, L., Li, F., Wu, S., & 4, M. Z. (2020). “School’s Out, But Class’s On”, The Largest Online Education in the World Today: Taking China’s Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control as An Example. 4.
DOI: https://doi.org/10.22515/attarbawi.v6i1.3761
Refbacks
- There are currently no refbacks.