Pembentukan Konsep Penerimaan Diri pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

Yetty Isna Wahyuseptiana

Abstract


Tulisan ini menggambarkan tentang peran orangtua dalam memberikan pengaruh terhadap sikap anak dalam menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dikenal dengan istilah penerimaan diri atau self-acceptance. Pengetahuan yang diperoleh anak akan penerimaan diri tentunya juga tidak terlepas dari tingkat pengetahuan orangtua, pola asuh yang diterapkan di rumah, dan berbagai faktor yang menyertainya. Kepedulian akan penerimaan diri atau self-acceptance pada anak pelru melibatkan peran orangtua namun selama ini guru yang sebagai poros dalam membentuk sikap penerimaan diri pada anak usia dini. Dilihat bahwa dari segi waktu orangtua lebih sering bersama dengan anak dibandingkan guru namun jika dilihat dari fenomena di lapangan kebanyakan anak lebih mengikuti apa yang disampaikan oleh guru dibandingkan orangtua. Tentunya ini perlu dikaji lebih lanjut sejauh mana peran orangtua dalam pembentukan penerimaan diri pada anak usia dini sehingga nantinya anak memiliki kesadaran dalam menerima kelebihan dan kekurangan pada dirinya dan mampu merasakan Bahagia di hidupnya. Lingkungan tentunya akan memainkan peran dalam mewujudkan seorang individu yang unggul, berkarakter, dan humanis.

Keywords


Covid-19, Self-acceptance, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak & Darmawan, Deni. 2005. Teknologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Allison Littlejohn., Chris Pegler. 2007. Preparing for Blended E-Learning. London: Routledge Taylor & Francis Group.

Alonso, F., Lopez J., at all. (November 2008). Learning objects, learning objectives, learning design. Innovation in education and teaching International. Diambil pada tanggal 8 November 2008 dari: http://proquest.umi.com/pqdweb?index=4&did=1580113131&SrchMode

CNN Indonesia. (2020, May 15). Dampak Positif-Negatif Pandemi pada Hubungan Keluarga. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200514141751-284-503363/dampak-positif-negatif-pandemi-pada-hubungan-keluarga.

Cotton, K. 1991. Computer-Assisted Instruction. School Improvement Research Series. Portland, OR: Nortwest Regional Educational Laboratory, May.

DePorter, B. & Hernacki, M. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Kasih, A.P. (2020, June 24). Kemendikbud: Orangtua Berperan Penting dalam Pelaksanaan Belajar dari Rumah. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/184908871/kemendikbud-orangtua-berperan-penting-dalam-pelaksanaan-belajar-dari-rumah.

Lacus S.M., Fabrizio N., Carlos S., Spyridon S., Michele V., (2020). Estimating and projecting air passenger traffic during the COVID-19 coronavirus outbreak and its socio-economic impact. Safety Science. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104791

Laing T. (2020). The economic impact of the Coronavirus 2019 (Covid-2019): Implications for the mining industry. The Extractive Industries and Society. 7 (2). https://doi.org/10.1016/j.exis.2020.04.003

Lyengar K., Ahmed M., Vijay K., Aakaash V., Raju V., (2020). Learning opportunities from COVID-19 and future effects on health care system. In Press, Journal Pre-proof. https://doi.org/10.1016/j.dsx.2020.06.036.

Nicola M., Zaid A., CatrinS., Ahmed K., Ahmed Al Jabir., ChristosIosifidis., Maliha A., Riaz A., (2020). The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International Journal of Surgery. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.04.018

Rosenberg. M. J. (2001). E-learning strategis for delivering knowledge in the digital age. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sohrabi C., Zaid A., Niamh O., Mehdi K., Ahmed K., Ahmed Al., ChristosIosifidis., Riaz A., (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034

Stein, Jared & Graham, Charles. 2014. Essentials for Blended Learning: A Standards-Based Guide. New York: Routledge.

Suzanne Degges-White Ph.D. (2020). What Do Children Need Most From Parents Right Now?. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/lifetime-connections/202004/what-do-children-need-most-parents-right-now




DOI: https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.