Perilaku Prososial Anak selama Pandemi Covid-19

Nur Hasanah, Rizky Drupadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku prososial anak kelompok B di TK IT Al-Hasna Klaten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru  dan kepala sekolah di TK IT AL-Hasna Klaten. Tahapan analisis yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa pekembangan perilaku sosial anak sangan berubah dikarenakan kebijakan sekolah yang harus BDR(Belajar dari Rumah), perkembangan prososial yang banyak dipengaruhi ketika bersosial dengan teman sebaya harus digantikan dengan peran orangtua dan anggota keluarga yang lainnya. Perilaku prososial anak yang bisa dikembangkan dengan sistem BDR adalah berbagi, membantu, menghibur, dan kerjasama. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru ketika ingin menggunakan metode pembelajaran bermain dan bercerita pada anak adalah pengetahuan orangtua yang masih kurang untuk menerapkan metode tersebut. Upaya untuk mengatasi kendala adalah dengan memberikan kursus singkat melalui media online (youtube dan zoom) sebagai sarana pembelajaran untuk orangtua.

 


Keywords


Perilaku Prososial

Full Text:

PDF

References


A.Tabi’in. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1 (190-200)

Barrett, David E., Yarrow, Marian Radke. (1977). Prosocial behavior social inferential ability, and assertiveness in children. the Society for Research in Child Development, Inc. , 48, 475-481

Battistich, V. (2003). Effects of a school-based program that enhance prosocial development on children’s peer relations and social adjustment. Journal of Research in Character Education, 1 (1), 1–16

Beaty, J.J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana

Caprara, G.V. & Steca, P. (2007). Prosocial Agency: The contribution of values and self beliefs to prosocial behavior a cross age. Journal of Social Clinical Psychology, 26 (2), 218

Drupadi, R., & Ayriza, Y. (2020). The Effects of Perspective-Taking on Prosocial Behavior in Early Childhood. 454(Ecep 2019), 215–219. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.042

Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2019). Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(3), 91–97. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.41

Dunfiel, K. A., & Kuhlmeier, V.A. (2013). Classifying prosocial behavior: children’s responses to instrumental need, emotional distress, and material desire. Child Development, 84 (5), 1766–1776

Eisenberg, N. & Mussen, P.H. (1989). The Roots of prosocial behavior in children. Inggris: Cambridge University Press

Hasanah, Nur. (2019). Pengaruh Dukungan dan Penerimaan Orangtua terhadap Efikasi Diri pada Anak Usia Dini. Jurnal Thufula. Vol. No. 2 (309-324)

Irwanto, N. d. (2016). Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan dan Penilaian kinerja guru dalam rangka implementasi kurikulum nasional. Sidoarjo: Genta Group Production.

Jackson, M., Tisak, M.S., Jackson, M., & Tisak, M.S. (2001). Is prosocial behaviour a good thing ? developmental changes in children’s evaluations of helping, sharing, cooperating, and comforting. British Journal of Developmental Psychology, 19, 349–367

Malti, T., Gummerum, M., Keller, M., Chaparro, M.P., Buchmann, M. (2012). Early sympathy and social acceptance predict the development of sharing in children. Journal PLoS ONE, 7 (12), 1-8

Marion, M. (2015). Guidance of young children. USA: Pearson

Ormrod, J.E. (2008). Psikologi pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang edisi ke-6. Jakarta: Erlangga

Poorthuis, A.M.G., Thomaes, S., Denissen, J.J.A., Van Aken, M.A.G., De Castro, B.O. (2012). Prosocial tendencies predict friendship quality, but not for popular children. Journal of Experimental Child Psychology, 112, 378–388

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak (edisi ketujuh). Jakarta: Erlangga

Salmon amiran. 2016) Efektivitas Penggunaan Metode Bermain di PAUD Nazareth Oesapa. jurnal Pendidikan Anak, Volume 5, Edisi 1

Slavin, R.E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktik. Jakarta: Indeks

Sujiono, Yuliani Nuraini. (2011). Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Permata Puri Media

Sujiono, Yuliani Nurani. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Ulutas, I. & Aksoy, A. (2009). Learning with play: How play activities program improve pro-social behaviour of six year old children?. Journal Humanity & Social Sciences Journal, 4 (1), 39-44

Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip pembelajaran. Jakarta: Kencana Persada Group




DOI: https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.