METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK AISYIYAH SIDOHARJO KLATEN
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini terdapat beberapa anak belum mencapai tingkat perkembangan sosial emosional sesuai standar yang ada, terdapat anak yang sering berebut dan melawan ucapan guru, tidak mendengarkan nasehat guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan aspek sosial emosional anak usia dini di TK Aisyiyah Sidoharjo tahun pelajaran.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di TK Aisyiyah Sidoharjo dilaksanakan pada bulan Juli 2017 sampai dengan September 2017. Subjek penelitian ini adalah guru kelas kelompok B. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dan guru kelompok A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisisnya menggunakan model analisis data interaktif, tahap yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TK Aisyiyah Sidoharjo mengembangkan aspek sosial emosional anak usia dini melalui beberapa metode yaitu metode cerita, metode keteladanan, metode bernyanyi dan metode demonstrasi. Metode cerita dan metode keteladanan digunakan untuk mengembangkan aspek emosional. Metode demonstrasi digunakan untuk mengembangkan aspek sosial merawat diri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gunarti, Winda. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka.
Kemendikbud. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2013). Pengembangan 5 Aspek Kemampuan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud.
Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Najib, dkk. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Nugraha, Ali. (2006). Metode Pengembangan Sosial Emosional, Jakarta: Universitas Terbuka.
Rahayu, Aprianti Yofita. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri melalui Kegiatan Bercerita, Jakarta: Indeks.
Prastowo, Andi. (2014). Metode Penelitian Kualitataif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Sapendi. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Online),Vol.9,(http://jurnallainpontianak.or.id/indexphp/atturts/article/download/313/265//), diakses 21 Oktober 2017.
Sujiono, Yuliana Nuraini., & Sujiono, Bambang. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Syahidin. (2001). Metode Pendidikan Qurani Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Misaka Galiza.
Wiyani, Novan Ardy. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
DOI: https://doi.org/10.22515/bg.v3i2.3289
Refbacks
- There are currently no refbacks.