UPAYA MENINGKATKAN ASPEK BAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI BERMAIN PERAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II REMBANG

Nur Izzatun Nikmah

Abstract


ABSTRACT

Nur Izzatun Nikmah, Upaya Meningkatkan Aspek Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Bermain Peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Rembang

 

The problem in this study is whether the use of role playing methods can improve the language aspects of early childhood in communicating in group B at Aisyiyah Bustanul Athfal II Kindergarten, Rembang. The purpose of this study was to improve the language aspects of early childhood in communicating through the macro role playing method of Group B at Aisyiyah Bustanul Athfal II Kindergarten, Rembang.

The research subjects who carried out the research action were group B teachers and the researchers collaborated. In this study the research subjects who received the action were the children of group B. The number of children in group B was 20 children. Data were collected using interviews, observation, and documentation. The collected data were analyzed using an interactive analysis model. The success of this research is marked by the following performance indicators, learning is said to be successful if the child's communication ability from cycle I to cycle II has increased by 15%. The research was carried out by means of (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection.

The results of this study can be concluded that the development of the language aspects of children in group B communication through role playing in Aisyiyah Bustanul Athfal II Kindergarten, Rembang, experienced significant development or improvement in each cycle. From cycle I and cycle II it has increased by 15% from 65% to 80%. After implementing siroh learning with the role playing method.

Keywords: Language aspects of early childhood, role playing method, group B

 

ABSTRAK

 

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan aspek bahasa anak usia dini dalam berkomunikasi pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Rembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aspek bahasa anak usia dini dalam berkomunikasi melalui metode bermain peran makro kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Rembang.

Subjek penelitian yang melaksanakan tindakan penelitian adalah guru kelompok B dan peneliti ikut berkolaborasi. Dalam penelitian ini subjek penelitian yang menerima tindakan adalah anak-anak kelompok B. Jumlah anak-anak kelompok B adalah 20 anak. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan model analisis interaktif. Keberhasilan penelitian ini ditandai dengan indikator kinerja sebagai berikut pembelajaran dikatakan berhasil apabila kemampuan berkomunikasi anak dari siklus I dengan siklus II mengalami peningkatan 15%. Penelitian dilaksanakan dengan prosedur (1)perencanaan, (2)pelaksanaan, (3)pengamatan, dan (4)refleksi.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan aspek bahasa anak dalam berkomunikasi kelompok B melalui bermain peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Rembang, mengalami perkembangan atau peningkatan yang signifikan tiap siklusnya. Dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 15% dari 65% menjadi 80%. Setelah dilaksanakan pembelajaran siroh dengan metode bermain peran.

Kata Kunci : Aspek bahasa anak usia dini, metode bermain peran, kelompok B


Keywords


Language aspects of early childhood, role playing method, group B

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2007. Pembelajaran Terpadu. Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi.1997.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung:Remaja Rosdakarya

Chaer,Abdul.2003.Psikolinguistik Kajian Teoritik.Jakarta: Rineka Cipta

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Hartati, Sofia. 2007. How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother. Jaksel: Enno Media

Hasan, Maimunah. 2009. PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini). Yogjakarta: Diva Press

Hurlock, B.E.1978.Perkembangan Anak.Jakarta:Erlangga

Ismail, Andang. 2009. Educatin Games: Panduan Praktis yang Menjadikan Anak- Anak Cerdas, Kreatif, dan Sholeh. Yogyakarta: Pro U Media

Madyawati,Lilis.2016.Strategi Pengembangan BAhasa Pada Anak. Jakarta:Prenadamedia

Makruf, Imam, (2011), Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis Bagi Guru Profesional, Surakarta: Tarbiyah IAIN Surakarta.

Muslich, masnur. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah(Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional, Jakarta:Bumi aksara

Mutiah,Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini.Jakarta:Kencana

Soegeng, Santoso. 2006. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Soetjiningsih.2004.Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta:Sagung Seto

Suhartono, 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: DepartemenPendidikan Nasional

Sujiono Nurani Yuliani. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka. 2006.

Suyadi.2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas.Jogjakarta:Diva Press

Tedjasaputra,Mayke S. 2001. Bermain, Mainan,dan Permainan. Jakarta: Grasindo

Wiyani,Novan Ardy& Barnawi. 2014.Format PAUD(Konsep, Karakteristik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini).Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Yudha, S. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Yusuf, Syamsu. 2000.Psikologi Perkembangan.Bandung:Remaja Rosda Karya

Riri, Delfita.2015.Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar Dalam Bak Pasir Di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang, Jurnal Publikasi (online), Vol. 1 No. 1, (http://eprints.ums.ac.id/22927/9/PUBLIKASI.pdf PDF, diakses 23 November 2016).




DOI: https://doi.org/10.22515/bg.v3i2.3291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.