PENGARUH DUKUNGAN ORANGTUA, MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARIKH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH TRUCUK TAHUN 2017/2018
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : 1) dukungan orangtua terhadap prestasi belajar tarikh; 2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar tarikh; 3) interaksi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh; 4) dukungan orangtua dan motvasi belajar terhadap prestasi belajar tarikh; 5)dukungan orangtua dan interkasi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh; 6) motivasi belajar dan interkasi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh; 7) dukungan orangtua dan motvasi belajar dan interkasi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh.
Jenis penelitian kuantitatif, dilakukan di MTs Muhammadiyah Trucuk Tahun 2019. Populasi sebanyak 70 siswa dan semua merupakan sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliable. Analisis data menggunakan uji asumsi analisis klasik dilanjutkan dengan uji analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh : 1) dukungan orangtua terhadap prestasi belajar tarikh dengan nilai r sebesar 0,241 lebih dari 0,235; 2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar tarikh dengan nilai r sebesar 0,267lebih dari0,235; 3) interkasi teman sebaya terhadap presatasi belajar tarikh dengan nilai r sebesar 0,995lebih dari0,235; 4) dukungan orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar tarikh dengan nilai F sebesar 16,602; 5) dukungan orangtua dan interaksi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh dengan niali F sebesar 6,079; 6) motivasi belajar dan interkasi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh dengan nilai F sebesar 6,488; 7) dukungan orangtua dan motvasi belajar dan interkasi teman sebaya terhadap prestasi belajar tarikh dengan nilai F sebesar 4,260. semakin tinggi dukungan orangtua, motivasi belajar dan interaksi teman sebaya maka semakin tinggi pula prestasi belajar anak.
Kata Kunci: dukungan orangtua, motivasi belajar, interaksi teman sebaya
References
Bahri, DjamarohSyaiful. (2002).Psikologi Belajar.Jakarta: RinekaCipta
Hasti, R., & Nurfarhanah. (2013). Hubungan antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Kemandirian Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah Konseling, 2, 317–323.
Lumsden, Linda S.( 1994) Manajemen dan Pengelolaan Sumber daya Manusia, Jakarta : BalaiPustaka.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: BinaAksara.
SumadiSuryabrata. (2006). PsikologiPendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada
Syah, Muhibbin. (2011). PsikologiBelajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Slavin, R. E. (2000).Educational Psychology: Theory and Practices. New York: Allyn&Bocan.
Sardiman, A.M.(2001).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada
DOI: https://doi.org/10.19305/elha.v9i2.4746
Refbacks
- There are currently no refbacks.