Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Durusul Lughoh Al Arabiyyah karya Imam Zarkasy dan Imam Syubani Jilid I

Kunti Mawardati

Abstract


Abstract: analysis of Arabic textbooks is very necessary in the world of education. In order to publish quality teaching material books for learning Arabic. Textbooks become a guide for teachers and students. As the main reference material in teaching and learning activities, therefore teachers must be smart in determining books teach whose work will be used in the learning process good textbooks have certain standards such as their relevance to the current curriculum. The material being delivered, the suitability of the method with the material being delivered. And the contents of the book one of the Arabic textbooks. Namely the durusul lughah book the work of Indonesian Arabic language experts. Namely Imam Zarkasyi and Imam Syubani is seen from various aspects (relevance to the current curriculum, appropriate material, and the book contens).

 As a result. The book durusul lughah al arabiyah by Imam Zarkasy and Imam Syubani has the appropriate standard in Arabic broadcasting. Especially for beginners. In terms of the material presented. Focus on the content of textbooks, and vocabulary the language commonly used in daily activities the main purpose of this books is the mastery of students in reading skills (qiroah), ability in writing (kitabah) and ability in conversation (muhadatsah). As well as the ability to understand and answer questions in exercise.

Keywords: analysis, textbook, Arabic language

Abstrak: analisis buku ajar Bahasa arab sangat diperlukan dalam dunia Pendidikan, agar terbit buku buku bahan ajar yang berkualitas untuk pembelajaran Bahasa arab. Buku ajar menjadi pegangan guru dan siswa, sebagai bahan referensi utama dalam kegiatan belajar mengajar, oleh karena itu guru harus cerdas menentukan buku ajar karya siapa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Buku ajar yang baik memiliki standar tertentu seperti relevansi nya dengan kurikulum yang sedang berlaku, materi yang disampaikan, kesesuaian metode dengan materi yang disampaikan, dan isi buku. Salah satu buku ajar Bahasa arab yaitu, kitab durusul lughah karya dari pakar Bahasa arab Indonesia yaitu Imam zarkasyi dan Imam syubani. Fokus penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang memaparkan tentang bagaimana kitab ‘’durusul lughoh karya Imam Zarkasyi dan Imam Syu’bani jilid I’’ dilihat dari berbagai aspek (relevansinya dengan kurikulum saat ini, materi yang sesuai, dan isi buku).

Hasilnya, kitab Durusul Lughah Al Arabiyyah karya Imam Zarkasyi dan Imam Syubani memiliki standar yang sesuai dalam pengajaran Bahasa arab terutama untuk pemula, dilihat dari sisi materi yang disampaikan, konsep isi buku ajar, dan kosa kata Bahasa yang umum digunakan dalam kegiatan sehari hari. Tujuan utama dari kitab ini adalah penguasaan siswa dalam kemampuan membaca (qiroah), kemampuan dalam menulis (kitabah), dan kemampuan dalam bercakap (muhadatsah), serta kemampuan dalam memahami dan menjawab pertanyaan dalam bentuk Latihan Latihan (tamriinaat)

Kata kunci: analisis, buku ajar, Bahasa arab


References


Adi Kusrianto & Yuwono Marta Dinata, Microsoft Word untuk Buku Ajar, 2015, hal 3.

Annisa Anita Dewi, Buku Sebagai Bahan Ajar, CV Jejak, h 15.

Awalludin, Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia, Deepublish, h 28.

H. Darmadi, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, Februari 2017, Penerbit Deepublish, h 175.

https://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Zarkasyi

M. Andi Setiawan, M.Pd. Belajar dan Pembelajaran, Uwais Inspirasi Indonesia, h 116.

P. Pannen, Mengajar diperguruan tinggi: Pengembangan Bahan Ajar. (Jakarta: PAU- PPAI, Universitas Terbuka 1996), h 13.




DOI: https://doi.org/10.19305/elha.v11i1.4766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.