Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Rasyid, H. (2017). Fungsi kelompok kerja guru (KKG) bagi pengembangan keprofesionalan guru sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 24(2), 143–150.
Amanda, M. O., Salam, R., & Saggaf, S. (2017). Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Bungoro kabupaten Pangkep. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 149–154.
Chauhan, A., & Sharma, P. (2015). Teacher education and total quality management (TQM). The International Journal of Indian Psychology, 2(2), 80–85.
Fuady, M. J. (2017). Pengembangan aplikasi evaluasi pembelajaran online untuk pendidikan jarak jauh. Tekno, 26(2, 148-154.
Hanief, M. (2016). Menggagas teknik supervisi klinik sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26–33.
Nata, N., & Kaleka, M. B. U. (2020). Meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik kepala sekolah dengan pendekatan individual di SMPN 7 Nangapanda. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1–8. doi: 10.37478/optika.v4i1.282.
Paramudita, A. (2019). Teknik supervisi akademik di sekolah islam. Madrasa, 2(1), 1–6.
Prasojo, L. D. (2011). Supervisi pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Purbasari, M. (2015). Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.
Rohmawati, M. (2019). Supervisi akademik kepala sekolah. Manajer Pendidikan, 13(2), 207–211.
Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan pembelajaran paud dalam mengembangkan potensi anak usia dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. doi: 10.31851/jmksp.v2i1.1155.
Sari, D. M., Surantoro, S., & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi termodinamika pada siswa SMA. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1–7.
Suhayati, I. Y. (2013). Supervisi akademik kepala sekolah, budaya sekolah dan kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1), 86-95. doi: 10.17509/jap.v17i1.6435.
Suradi, A. (2018). Supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru pendidikan agama islam di sekolah dasar negeri 79 kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–29.
Susanto, A. (2016). Konsep, strategi, dan implementasi manajemen peningkatan kinerja guru. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suwartini, E. A. (2017). Supervisi akademik kepala sekolah, profesionalisme guru dan mutu pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 62–70. doi: 10.17509/jap.v24i2.8294.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 56-70.
Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis teknik penilaian sikap sosial siswa dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21–30. doi: 10.17509/eh.v11i1.11905.
Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. doi: 10.15548/jt.v19i3.55.
Umar, U. (2017). Media pendidikan: Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131–144.
Waluya, J. (2013). Supervisi pendidikan pada sekolah dasar. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 34–42.
Yazdani, F. (2015). Investigation about teachers’ and managers’ view about annual evaluation system of teachers’ performance in iran. Creative Education, 6(14), 1523. doi: 10.4236/ce.2015.614152
Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230–244. doi: 10.31851/jmksp.v5i2.3833.
DOI: https://doi.org/10.22515/jenius.v2i1.3677
Refbacks
- There are currently no refbacks.