Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Kelas Literasi di Sekolah Dasar Islam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42-52. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1
Badan Standar, Kurikulum dan Assesmen Pendidikan (LITBANG). (2021). Kemeterian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. https://litbang.kemdikbud.go.id/pisa
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi program gerakan literasi sekolah di sekolah dasar negeri gugus sungai miai banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
Dani, G. R. (2021). Hubungan minat baca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Joyful Learning Journal, 10(1), 42-56. https://doi.org/10.15294/jlj.v10i1.42943
Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Habibah, M. (2019). Pengembangan budaya literasi agama di SMA negeri 2 kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 203-215. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.1110
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi lingkungan dalam kurikulum 2013 dan pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2), 57-64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255
Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229
Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan literasi sekolah berbasis pembelajaran multiliterasi sebuah paradigma pendidikan abad ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 216-231. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus literasi abad 21 di indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1), 107-126. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1
OECD. (2018). PISA 2018. Assessment and analytical framework: Science, reading, mathematic, financial literacy and collaborative problem solving. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Penumbuhan Budi Pekerti. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_23_15.pdf
Praptanti, I., & Ernawati, A. (2019, December). Evaluasi pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) pada sekolah menengah atas negeri dan swasta di wilayah purwokerto kota. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP (pp. 289-296). https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/50
Pusat asesmen dan pembelajaran (PUSPENDIK). (2021). 3 Aspek penilaian nasional. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. https://puspendik.kemdikbud.go.id/konten/penjelasan-mendikbud-terkait-3-aspek-asesmen-nasional-pengganti-un-2021
Rahayu, R., Bahry, R., & Ramli, R. (2021). Korelasi antara minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa pbsi fkip universitas syiah kuala. Master Bahasa, 9(1), 506-512. DOI: https://doi.org/10.24173/mb.v9i1.22168
Rahayu, T. (2016). Penumbuhan budi pekerti melalui gerakan literasi sekolah. Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1. http://hdl.handle.net/11617/7644
Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud. (2019). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Setiyadi, D. B. P. (2018). E-literary texts: Reading materials for school literacy movement. KnE Social Sciences, 538-545. https://www.knepublishing.com/index.php/Kne-Social/article/view/2716
Setyowati, R. T. (2017). Hubungan minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman. Joyful Learning Journal, 6(2), 78-82. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i2.15764
Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p116
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217
DOI: https://doi.org/10.22515/jenius.v2i2.4438
Refbacks
- There are currently no refbacks.