THE STRUCTURES AND FUNCTIONS OF EUPHEMISMS IN 'OBITUARI' RUBRIC OF 'KOMPAS' DAILY (STRUKTUR DAN FUNGSI EUFEMISME DALAM RUBRIK 'OBITUARI' HARIAN 'KOMPAS')

Yunus Sulistyono(1*)
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.22515/ljbs.v1i2.248

Abstract

Kajian ini berfokus pada penggunaan gaya bahasa eufemisme dalam rubrik obituari harian Kompas. Objek penelitian ini berupa kosakata yang menunjukkan kekhasan penggunaan gaya bahasa. Data dalam penelitian ini mencakup 43 kosakata dari rubrik Obituari harian Kompas yang terbit September 2015 s.d. April 2016. Kajian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan berfokus pada struktur dan fungsi eufemisme yang ditemukan. Data diperoleh dengan teknik catat dan kemudian diklasifikasikan berdasarkan konteksnya. Analisis data memanfaatkan metode padan referensial. Berdasarkan bentuknya, pemakaian gaya bahasa eufemisme mencakup tataran kata dan frasa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya bahasa eufemisme yang digunakan dalam rubrik obituari Kompas memiliki latar belakang kesantunan, prestise, dan mengagungkan jasa dari orang yang diberitakan.

Keywords


obituari, eufemisme, struktur, fungsi

References


Agni, Binar. 2009. Sastra Indonesia Lengkap: Pantun Puisi Majas Peribahasa Kata Mutiara. Jakarta: Hi-Fest Publising.

Bahri, Syamsul. 2000. Eufemisme dalam Wacana Politik. Medan: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.

Farida, Nur, Auzar, dan Husnah Faizah. 2013. “Penggunaan Eufemisme dalam Tajuk Rencana Koran Kompas”. Artikel Ilmiah. Riau: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau.

Keraf, Gorys. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kusumawati. 2010. “Analisis Pemakaian Gaya Bahasa pada Iklan Produk Kecantikan Perawatan Kulit Wajah di Televisi”. Jurnal Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Lakoff, George dan Mark Johnsen. 2003. Metaphors We Live by. London: The University of Chicago Press.

Nurliasari, Dian. 2015. “Penggunaan Eufemisme dalam Ujaran-ujaran langsung Politikus Belanda pada Artikel Politik Majalah Vrij Nederland” (Skripsi) Jakarta: Universitas Indonesia.

Rubby, Tia dan Dardalia. 2008. “Eufemisme pada Harian Seputar Indonesia”. Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra (4) 1

Setiawan, Henryanoor. 2012. “Gaya Bahasa Dilihat Berdasarkan Diksi dan Struktur dalam Iklan Display Wacana Iklan Rawit pada Surat Kabar Harian Jogja”. Skripsi. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.


Article Statistic

Abstract view : 1698 times
PDF views : 2984 times

Dimensions Metrics

Article History

Submited : 29 August 2016
Revised : 31 January 2021
Published : 15 December 2016

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.