Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdila, J. N. (2016). Pengaruh Terapi Guided Imagery Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Surabaya: Universitas Airlangga Surabaya.
Andromeda. (2018). Stress Management Training: Strategi Pengelolaan Stress Pengasuhan untuk Orang Tua yang Memiliki Anak Difabel. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 1(1), 277–283. https://doi.org. 10.15294/intuisi.v10i3.18868.
Apriliyanti, D., Anugrahni, D., & Agustina, V. (2017). Hubungan Kemampuan Manajemen Stress dengan Tingkat Stress pada Orangtua Anak Tunagrahita di SLBN 1 Palangkaraya, An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2). 43–46. http://dx.doi.org/10.31602/ann.v4i2.1164.
Asih, G. Y., Widhiastuti, H., & Dewi, R. (2018). Stress Kerja. Semarang: Semarang University Press.
Aufar, A. F., & Raharjo, S. T. (2020). Kegiatan Relaksasi sebagai Coping Stress di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 157–163. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29126.
Azizah, N. & Ramadhani, A. C. (2020). Depresi “Hantui” Banyak Orang Tua di Masa Pandemi. Retrieved October 26, 2020, from republika.co.id. website: https://republika.co.id/berita/qganjw463/depresi-hantui-banyak-orang-tua-di-masa-pandemi
Bakri, S. (2020). Jihad Melawan Covid-19 Dengan Laku Sufi. Retrieved October 26, 2020, from iain-surakarta.ac.id website: https://iain-surakarta.ac.id/jihad-melawan-covid-19-dengan-laku-sufi/
Bakri, S., & Saifuddin, A. (2019). Sufi Healing: Integrasi Tasawuf dan Psikologi Dalam Penyembuhan Psikis dan Fisik. Depok: Rajagrafindo Persada.
Efendi, D. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Model Distance Learning di Sekolah Dasar Kota Jayapura. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 54-66. http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i1.400.
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yosintha, R. (2020). Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. Adipraja: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 107–115. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209.
Herawati, T., Krisnatuti, D., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(3), 213-227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Childhood Education, 4(2), 71–81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256.
Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Arigiyati, T. A., & Trisniawati. (2020). Pendampingan Orangtua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar: Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2607.
Nafisah, D. (2020). Peran Orangtua dalam Proses Pembelajaran Online di Tengah Pandemoi Covid 19 terhadap Siswa Kelas IV MIN 3 Karanganyar. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Salatiga: IAIN Salatiga.
Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pendemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.
Muslim, A. A., Rafica, V. M., & Zainuddin, M. (2020). Pelatihan Manajemen Stress kepada Orang Tua Saat Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh Anak. Kangmas: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(3), 153-158. https://doi.org/10.37010/kangmas.v1i3.124.
Muslim, M. (2020). Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19. Essensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.
Nazmudin, A. (2020). Fakta Baru, Ibu Bunuh Anak karena Susah Diajari Belajar Online. Retrieved October 26, 2020, from regional.kompas.com website: https://regional.kompas.com/read/2020/09/14/19524061/fakta-baru-ibu-bunuh-anak-karena-susah-diajari-belajar-online?page=all.
Ningsih, F. (2016). Efektifitas Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kejenuhan (Burnout) Belajar. E-Journal Bimbingan dan Konseling, 5(7). 50-59.
Puji, S. (2020). Bocah 10 Tahun Dianiaya dengan Balok Kayu gara-gara Tak Ikut Belajar Online, Ibu Kandung : Saya Menyesal. Retrieved October 26, 2020, from regional.kompas.com website: https://regional.kompas.com/read/2020/09/21/05340061/bocah-10-tahun-dianiaya-dengan-balok-kayu-gara-gara-tak-ikut-belajar-online?page=all.
Puspitasari, D. C. (2018). Hubungan Kualitas Persahabatan Dan Perenungan Dengan Kemampuan Memaafkan Pada Remaja Akhir. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Putria, H., Maulana, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid 19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 4(4), 861-870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.
Rahmi, M. (2020). Penguatan Peran Keluarga Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kreativitas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 81-105.
Ratnasari, K. A., & Kuntoro. (2017). Hubungan Parenting Stress, Pengasuhan dan Penyesuaian dalam Keluarga terhadap Perilaku Kekerasan Anak dalam Rumah Tangga. Jurnal Manajemen Kesehatan, 3(1), 86–98. https://doi.org. 10.29241/jmk.v3i1.91.
Rubiyanti, Y. (2008). Motivasi dan Manajemen Stress (Makalah). Jatinangor: Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.
Rustiana, E. R., & Cahyati, W. H. (2012). Sress Kerja Dengan Pemilihan Strategi Coping. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 149-155. https://doi.org/10.15294/kemas.v7i2.2811.
Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31597/cc.v4i1.322.
Saputri, M. N. A. (2020). Tips Anti Stress Orang Tua Dampingi Anak Sekolah di Rumah. Retrieved October 26, 2020, from tirto.id website: https://tirto.id/tips-anti-stres-orang-tua-dampingi-anak-sekolah-di-rumah-fUBp
Slamet. (2012). Coping Sebagai Strategi Mengatasi Dan Memecahkan Masalah Dalam Konteks Bimbingan Konseling Islam, Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 9(1), 16-38, https://doi.org/10.14421/hisbah.2012.091-02.
Sulistyarini, I. (2013). Terapi Relaksasi untuk Menurunkan Tekanan Darah dan Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Hipertensi. Jurnal Psikologi, 40(1), 28–38. https://doi.org/10.22146/jpsi.7064
Tabi’in, A. (2020). Problematika Stay at Home Pada Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hanzanwadi, 4(1), 191-200.
Ulum, M. C. (2018). Hubungan Sikap Mahasiswa dengan Tingkat Stress dalam Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Semester VIII S1 Keperawatan STIKES ICME Jombang. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jombang: STIKES ICME Jombang.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). 772-782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Wardati, L., Husna, N., Khairunisa, A., & Lubis, H. (2020). Pola Kerjasama Guru dan Orang Tua pada Masa Pandemi Covid 19 di RA Masjid Agung Medan Polonia. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 165–183. http://dx.doi.org/10.30596%2Fal-ulum.v1i2.55.
Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yunita, N. V., Suranata, K., & Surani, N. K. (2019). Model Konseling Psikoanalisa dengan Teknik Asosiasi Bebas untuk Meminimalisir Self Heteroseksual. JJBK: Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling, 10(1), 9–15. http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v10i1.22209
DOI: https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256
Refbacks
- There are currently no refbacks.