Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Saat Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawi, R. (2008). Pembelajaran Berbasis E-Learning. Bahas, 35(69), 317. https://doi.org/10.24114/bhs.v0i69TH%20XXXV.2397
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Lampunghyang, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Abstrak. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.
Bramasta, D. B. (2020). Menteri Nadiem Wacanakan Belajar Jarak Jauh Permanen Setelah Pandemi Covid-19, Mungkinkah?. Retrieved September 10, 2020 from kompas.com website: https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/03/155830065/menterinadiem-wacanakan-belajar-jarak-jauh-permanen-setelah-pandemi-covid?page=all
Birt, L., Scitt, S., Cavers, D., Campbell, C., & Walter, F. (2016). Member Checking: A Tool to Enhance Trustworthiness or Merely a Nod to Validation? Qual Health Res, 26(13), 1802–1811. https://doi.org/10.1177%2F1049732316654870
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Geng, S., Law, K. M. Y., & Niu, B. (2019). Investigating self-directed learning and technology readiness in blending learning environment. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(17), 1-22. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0147-0
Hamdani, A. R. & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120.
Hurit, A. A., & Harmawati, D. (2019). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 116–123. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1469
Isnandariawan, S. P. I. (2020). Wawancara "Flashdisk Pintar Sdit Taqiyya Rosyida Sebagai Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Yang Bebas Kuota Dan Bebas Sinyal Di Masa Pandemi Covid-19".
Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi pembelajaran Jarak jauh Di Masa Covid-19. Smart-Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 35–40.
Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi covid-9 Di SMPK Negeri Tambelang. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 149-154. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2467.
Jamilah. (2020). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Daring Era. UrbanGreen Proceeding: Konferensi Nasional Pendidikan, 1, 148-153.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.
Kristianingsih. (2020). Kesiapan Guru Sekolah Avicenna Jagakarsa Dalam Melaksanakan E- Learning. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2), 189-195. https://doi.org/10.30998/sap.v5i2.6646.
Kristiantari, M. R. (2014). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 460–470. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bandung: Alfabeta.
Novitasari, D., & Asbari, M. (2020). Peran Kesiapan untuk Berubah terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Journal Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), 219–237. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.
Nursastri, S. A. (2020). Tanpa Physical Distancing, Kematian Massal Akibat Corona Bisa Terjadi di Indonesia. Retrieved September 10, 2020 from kompas.com website: https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/31/145915823/tanpa-physical-distancing-kematian-massal-akibat-corona-bisa-terjadi-di
Rezkisari, I. (2020). Catatan Kesemrawutan PJJ, dari Guru hingga Fasilitas. Retrieved September 10, 2020 from republika.co.id website: https://republika.co.id/berita/qdrrgu328/catatan-kesemrawutan-pjj-dari-guru-hingga-fasilitas
Saputra, M. D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Guru Dalam Menggunakan E-Learning Moodle Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus Guru SMK Aceh Besar). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Aceh: UIN Ar-Raniry.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitaif & Kualitatif (1st Ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Simarmata, J. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengan Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Simatupang, N. I., Sitohang, S. R., Situmorang, A. P., Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197-203.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.
Wikipedia. (2020). Pendidikan Jarak Jauh. Retrieved November 20, 2020 form wikipedia.org website: https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_jarak_jauh
Yama, S. F. & Setiyani, R. (2016). Pengaruh Pelatihan Guru, Kompetensi Guru, Dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Terhadap Kesiapan Guru Prodi Bisnis Manajemen Dalam Implementasi Kurikulum 2013 SMK N 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 5(1). 85-99.
Yulianti, E., & Hayun, M. (2020). Kesiapan Guru dalam Implementasi E-Learning Dimasa Pandemi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-8.
Zulfani, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Persepsi Labelisasi Halal Terhadap Niat Beli Minuman Fayrouz pada konsumen muslim di Surabaya dan Sidoarjo. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Surabaya: STIE Perbanas Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3261
Refbacks
- There are currently no refbacks.