The Role of Brand Trust in Achiving Competitive Advantage (Case Study: PT Pos Indonesia Bandung)

Ani Solihat, Mimin Nurjanah, Rani Rahmayani, Andry Trijumansyah, Iis Iskandar

Abstract


The purpose of this study is to determine the role of brand trust in achieving the competitive advantage of PT Pos Indonesia Bandung freight forwarding services. The method in this study uses quantitative methods. This research uses the Stastical Pakage for the Social Sciences (SPSS) program which aims to measure the effect of brand trust on the competitive advantage of PT Pos Indonesia Bandung freight forwarding services. The sampling technique of this study used purposive sampling and the determination of samples was calculated using the Rao Purba formula with a total sample of 96 people. The respondents of this study were users of freight forwarding services, especially PT Pos Indonesia and other freight forwarding services (TIKI, JNE, J&T, etc.). The design of this study uses descriptive and verification to assess the picture and influence between variables. The results of this study indicate that brand trust has a positive and significant effect on the competitive advantage of PT Pos Indonesia Bandung freight forwarding services.

Full Text:

PDF

References


http://ejournal.bsi.ac.id/eAbdillah, M. B., Hakim, R. M. A., Damiri, D. M., & Zahra, F. (2017). Business Strategy Analysis on SMEs Bamboo Crafts in Bandung City. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(3), 231. Diambil dari http://jurnal.unpad.ac.id/adbispreneur/article/view/16491/7810. (1 Agustus 2017)

Akila. (2017). Pengaruh Insentif Dan Pengawasan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada CV. Vassel Palembang. 2, 35–48. Diambil dari http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/250/256. (10 Agustus 2019)

Alamsyah, D. P. (2016). Kepercayaan konsumen pada produk organik. Jurnal Ecodemica, IV(2), 149. Diambil dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/822/PDF. (26 Juni 2019)

Alamsyah, D. P. (2016). Pentingnya External Factors Untuk Keunggulan Bersaing Industri Energi Baru Terbarukan. Ecodemica, IV(1), 1–14. Diambil dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/350/pdf. (22 Mei 2019)

Award, T. B. (2019). Top Brand Award. Diambil dari Top Brand Award website: http://www.topbrand-award.com/faq. (28 April 2019)

Dewi, S. W. K., Hernawan, Y., & Musafa. (2019). Pelatihan Pengembangan Strategi Pemasaran Kopi Palasari Melalui Pembuatan Video Kreatif di Kampung Wisata Edukasi Kopi Palasari Bandung. 2(1), 105. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/viewFile/4976/2948. (10 Juli 2019)

Ekawaty, N. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Situs Booking Online Traveloka. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 144. Diambil dari https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/558. (16 Juli 2016)

Erman, S. U. (2015). Analisis strategi Keunggulan Bersaing dalam Rangka Memenangkan Persaingan Bisnis Perbankan (studi pada Bank Nagari cabang utama Kota Pekanbaru). Jom FISIP, 2(2), 8. Diambil dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/7499/7171. (23 Mei 2019) (07 Juli 2019)

Fauzan, F. (2015). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Lokasi Terhadap Minat Terus Sebagai Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Kost Sekitar Tembalang Dalam Empat Wilayah. Diponegoro Journal Of Mnagement, 4(1), 5. Diambil dari ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/download/13013/12571%0A%0A. (07 Juli 2019)

Fauziyah, S. (2016). Pengaruh Brand Trust dan Brand Equity terhadap Loyalitas Konsumen. 3(2), 3. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/206181-pengaruh-brand-trust-dan-brand-equity-te.pdf (22 Mei 2019)

Ferrinadewi, E. (2008). Merek & Kepercayaan Konsumen dan Strategi Pemasaran (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu. (5 Jui 2019)

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen Dan Pemasaran (1st ed.). Diambil dari https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Firmansyah8/publication/329880628_PERILAKU_KONSUMEN_Sikap_dan_Pemasaran/links/5c1fab1592851c22a341c8b9/PERILAKU-KONSUMEN-Sikap-dan-Pemasaran.pdf?origin=publication_detail. (23 Juni 2019)

Hasan, A. (2008). Marketing. Yogyakarta: Medpress (Anggota IKPI). (14 Mei 2019)

Hidayat, A. S., Setiawan, Y., Alwi, M., & Nurdiana, E. (2018). Peran Perilaku Inovatif Sebagai Variabel Intervening antara Knowledge Creation dan Keunggulan Bersaing. Jurnal Ecodemica, 2(2), 203. Diambil dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/4090/202-212. (26 Juni 2019)

Indonesia, P. (2019). Pos Indonesia Luncurkan Inovasi Layanan Terbaru. Diambil dari Pos Indonesia website: https://www.posindonesia.co.id/id/news-detail/189. (2 Mei 2019)

Kesuma, L., Anggraini, R., & Caisarina, I. (2017). Studi Perjalanan Penumpang Kapal Banda Aceh Sabang Dengan Model Causal. 1(1), 125. Diambil dari http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JTS/article/view/9885/7831. (10 Agustus 2019)

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.; A. Maulana & W. Hardani, Eds.). Jakarta: Erlangga.(05 Juli 2019)

Lenggogeni, L., & Ferdinand, A. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Pembelian Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian. Diponogoro Journal Of Management, 5(3), 2. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/download/14673/14197 (23 Juni 2019)

Lip, O. (2018). Gesit dalam Memenuhi Kebutuhan Konsumen di Era Digital. Liputan6.Com. Diambil dari https://www.liputan6.com/tekno/read/3671715/opini-gesit-dalam-memenuhi-kebutuhan-konsumen-di-era-digital. (21 Juni 2019)

Nilamsari, D. P. (2018). Pengukuran Kinerja Tenaga Profesional Pada Organisasi Jasa (Studi Kasus Kota Bahasa Salatiga). Jurnal Manajemen, 1(1), 141. Diambil dari http://journal.unika.ac.id/index.php/jemap/article/view/1588. (01 Agustus 2019)

Nurdin, S., & Putra, N. (2019). Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kepercayaan Pelanggan dalam Menggunakan Kartu Pascabayar Halo. 2(1), 110. Diambil dari https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/50. (05 Juli 2019)

Nurfadila, Sutomo, M., & Asriadi. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Merek Honda. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 1(3), 319–332. Diambil dari jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Fekon/article/download/10633/8352. (15 April 2019)

Putera, A. D. (2018, September). Jumlah Pembeli “Online” Indonesia Capai 11,9 Persen dari Populasi. Kompas.Com. Diambil dari https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/07/164100326/jumlah-pembeli-online-indonesia-capai-119-persen-dari-populasi. (10 April 2019)

Rahmayani, R. (2017). Korelasi Interactive Marketing Dan Personal Selling Terhadap Loyalitas Pelanggan. Ilmu Komunikasi, IV(1), 49. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/1850. (10 Juli 2019)

Rasyid, H. Al, & Indah, A. T. (2015). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Perspektif, 16(1), 40. Diambil dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/3031/2059. (05 Juli 2019)

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(2), 1–7. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/4503. (05 Juli 2019)

Rohaeni, H., & Rahayu, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Khusus Gigi Dan Mulut Kota Bandung. 8(1), 45. Diambil dari http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jap/article/view/3283/2488. (05 Juli 2019)

Rohendi, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bank Syariah Terhadap Nilai, Kepuasan Serta Loyalitas Nasabah di Kota Bandung. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(2), 274. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/102. (05 Juli 2019)

Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(1), 100–107. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/351. (05 Juli 2019)

Solihat, A., Hakim, L., & Setiawati, S. D. (2016). Strategi produk cilok sebagai makanan khas kota bandung. Jurnal Ecodemica Strategi Produk Cilok Sebagai Makanan Khas Kota Bandung, IV(2), 244. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/805/PDF. (05 Juli 2019)

Solihat, A., Hamzah, H., & Susan, E. (2017). Pengaruh Iklan Dan Harga Dalam MeningkatklanTingkat Hunian Kamar Hotel. IV(2). Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1086.(05 Juli 2019)

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., & Yuwanti, S. (2018). Analisis SWOT: Faktor Internal dan Eksternal pada Pengembangan... Jurnal Agroteknologi, Vol. 12 No. 02 (2018). 12(02), 111. Diambil dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAGT/article/view/9276/6203 (01 Agustus 2019)

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi (1st ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset. (05 Juli 2019)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods) (9th ed.; Sutomo, Ed.). Bandung: Alfabeta. (07 Mei 2019)

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.; Setiyawani, Ed.). Bandung: Alfabeta. (10 Agustus 2019)

Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. 8, 72. Diambil dari https://jurnal.polban.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/563/419. (10 Juli 2019)

Wiranto, T., & Dharmayanti, D. (2015). Pengaruh Customer Value, Service Quality dan Brand Experience Terhadap Competitive Advantage Pada Bank Danamon Di Surabaya Melalui Brand Image dan Brand Trust Sebagai Media Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 3(1), 11. Diambil dari http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/3408/3083. (05 Mei 2019)

Wirawan, E. M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Chicken Nugget Fiesta di Kota Semarang). 5(4), 1–10. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17887/16960. (09 Juli 2019)

Yuliana, W., & Aminah, I. S. (2016). Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen: Industri Jasa. 16. Diambil dari https://konferensi.nusamandiri.ac.id/proceeding/index.php/sniptek/article/view/145. (10 Juli 2019)

Zaka, A. R. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada LBB Antologi Semarang. Journal Of Management, 6, 1–13. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/viewFile/17297/16551. (26 Juli 2019)

jurnal/index.php/ecodemica/article/view/4503. (05 Juli 2019)

Rohaeni, H., & Rahayu, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Khusus Gigi Dan Mulut Kota Bandung. 8(1), 45. Diambil dari http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jap/article/view/3283/2488. (05 Juli 2019)

Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(1), 100–107. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/351. (05 Juli 2019)

Solihat, A., Hamzah, H., & Susan, E. (2017). Pengaruh Iklan Dan Harga Dalam MeningkatklanTingkat Hunian Kamar Hotel. IV(2). Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1086.(05 Juli 2019)

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi (1st ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset. (05 Juli 2019)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods) (9th ed.; Sutomo, Ed.). Bandung: Alfabeta. (07 Mei 2019)

Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. 8, 72. Diambil dari https://jurnal.polban.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/563/419. (10 Juli 2019)

Wiranto, T., & Dharmayanti, D. (2015). Pengaruh Customer Value, Service Quality dan Brand Experience Terhadap Competitive Advantage Pada Bank Danamon Di Surabaya Melalui Brand Image dan Brand Trust Sebagai Media Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 3(1), 11. Diambil dari http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/3408/3083. (05 Mei 2019)




DOI: https://doi.org/10.22515/relevance.v3i1.2231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.