Adabul Alim Wal Muta’allim: Study Of Classic Book In Answering Educational Challenges
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asy’ari, Hasyim. 1924. Adabul Alim Wal Muta’allim. Jombang: Maktabah al Turath al Islami.
Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pondok Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. Jakarta: LP3ES.
Faqih, Fikri. 2018. “Guru Pukul Siswa Di Banyumas Ditetapkan Sebagai Tersangka.” Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/peristiwa/guru-pukul-siswa-di-banyumas-ditetapkan-sebagai-tersangka.html.
Hanif, A. Rifqy, and Abdul Khobir. 2013. “Konsep Akhlak Seorang Peserta Didik Dalam Mencari Ilmu Menurut Kiai Ahmad Sakhowi Amin.” Forum Tarbiyah 11 (1): 51–64.
Haryanti, Nik. 2013. “Implementasi Pemikiran KH Hasyim Asy’ari Tentang Etika Pendidik.” Episteme 8 (2): 439–50.
Hujair, A.H, and Sanaky. 2003. Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Inderasari, Elen, and Dwi Kurniasih. 2018. “Kedwibahasaan Sebagai Upaya Pemahaman Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam.” Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan PPengajarannya 2 (1): 36–49. doi:10.31002/transformatika.v2i1.605.
JPNN. 2018. “Kasus Guru Suruh Murid Jilat WC, Nodai Dunia Pendidikan.” JPNN.COM. https://www.jpnn.com/news/kasus-guru-suruh-murid-jilat-wc-nodai-dunia-pendidikan.
Kumparan. 2018a. “Siswa Di Madura Aniaya Guru Kesenian Hingga Tewas.” Kumparan. https://kumparan.com/@kumparannews/4-kasus-siswa-lakukan-kekerasan-terhadap-gurunya-di-sekolah-1541980407154715595.
———. 2018b. “Siswa Di Pontianak Pukul Gurunya Karena Handphone.” Kumparan. https://kumparan.com/@kumparannews/4-kasus-siswa-lakukan-kekerasan-terhadap-gurunya-di-sekolah-1541980407154715595.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muqoyyidin, Andik Wahyun. 2014. “Kitab Kuning Dan Tradisi Riset Pesantren Di Nusantara.” Ibda’ Jurnal Kebudayaan Islam 12 (2): 109–18.
Najib, M. Ainun. 2015. “Pemikiran K.H Hasyim Asyy’ari Tentang Konsep Etika Terhadap Buku Dalam Kitab Adabul Al-Alim Wa Al-Muta’allim (Kajian Analisis Wacana).” Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nawawi, Hadari, and Mimi Martini. 1994. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
NU Online. 2016. “Yang Lebih Penting Dari Ilmu.” NU Online. http://www.nu.or.id/post/read/73560/yang-lebih-penting-daripada-ilmu.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosidin. 2017. Pendidikan Karakter Khas Pesantren (Adabul ’Alim Wal Muta’allim. Tangerang: Tira Smart.
Santosa, Rochmat Budi. 2017. “Kajian Pragmatik Tindak Tutur Direktif Pada ‘Ayat-Ayat Kisah’ Dalam Alquran.” Universitas Sebelas Maret.
Sarjuni. 2018. “Konsep Ilmu Dalam Islam Dan Implikasinya Dalam Praktik Pendidikan.” Al Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 1 (2): 47–57.
Tas’adi, Rafsel. 2014. “Pentingnya Etika Dalam Pendidikan.” Ta’dib 17 (137).
Usman, Muhammad Idris. 2013. “Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, Dan Perkembangan Masa Kini).” Jurnal Al Hikmah XIV (1): 101–19.
DOI: https://doi.org/10.22515/shahih.v6i1.1671
Refbacks
- There are currently no refbacks.