FLIPPED CLASSROOM DAN APLIKASI SCHOOLOGY: ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI
Abstract
Abstract
This study aimed to investigate the students' skill in writing biography text in flipped classroom learning by using schoology apps at SMA Muhamadiyah 3 kedungadem. This study was qualitative research in form of case study in which twenty two students acted as the research subjects. Four students were chosen to be interviewed because their biography texts were appropriate with the indicators. Techniques in colleting data were observation, test, interview, and documentation. The data was validated by using triangulations of data source and method. Technique in analysing data used content analysis method that was started from data reduction, data presentation, drawing conclusion and verification. The result of study showed that the students' skills in writing biography texts were in line with the textbooks of Indonesian language subject for Senior and Vocational High School students. The conclusion stated that flipped classroom learning by using schoology apps was very appropriate to be implemented because it was able to make students to be more active and creative in the classroom learning. Besides, it made them understood that online learning was interesting.
Keywords: flipped classroom learning, schoology apps, biography text
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks biografi yang ditulis oleh siswa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem dengan menggunakan flipped classroom dan aplikasi schoology. penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan jumlah subjek 22 siswa. Dari 22 siswa kemdian peneliti mengambil 4 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks biografi sesuai dengan indikator. Teknik pengumplan data menggunakan observasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divaliditaskan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode contact analysis yang dimulai dari 1). reduksi data, 2). penyajian data, 3). penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks biografi yang ditulis oleh siswa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem sesuai dengan pedoman buku siswa bahasa Indonesia SMA/MA/SMK revisi 2017 dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah flipped classroom dan aplikasi schoology sangat tepat digunakan karena dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, dan memberi pemahaman siswa jika situs online bisa digunakan sebagai pembelajaran yang menarik.
Kata Kunci: flipped classroom, aplikasi schoology, teks biografi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal sainmatika, 8(1), 13-29. https://www.neliti.com/publications/221167/penerapan-media-e-learning-berbasis-schoology-untuk-meningkatkan-aktivitas-dan-h
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Ario, M. dan Azra, A. (2018). Pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar kalkulus integral mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal ilmiah pendidikan matematika, 1(2), 83-88. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/2477
Azis, A. (2018). Peningkatan kemampuan memahami teks biografi melalui metode the learning cell pada kelas VIIID SMP Negeri 6 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal pendidikan pepatudzu, 14(2), 97-106. http://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/pepatudzu/article/view/195
Fajri, M. I., Asri, Y., & Afnita. (2018). Pengaruh teknik copy the master terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X MAN 1 Padang. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 7(3), 158-162. http://103.216.87.80/index.php/pbs/article/view/100726
Farida, R., Alba, A., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan model pembelajaran flipped classroom dengan taksonomi bloom pada mata kuliah sistem politik Indonesia. Jurnal dimensi pendidikan dan pembelajaran, 7(2), 109-121. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/1809
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A. (2019). Analisis gaya belajar mahasiswa pada pembelajaran flipped classroom. Jurnal pendidikan edutama, 4(1), 31-36. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/364
Kusumantara, K. S., Santyadiputra, G. S., & Sugihartono, N. (2017). Pengaruh e-learning schoology terhadap hasil belajar simulasi digital dengan model pembelajaran savi. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 14(2), 126-135. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/10387
Latifah, S., & Utami Ardini. (2019). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis media sosial schoology. Jurnal science and mathematics education, 02(1), 36-45. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/3924
Moleong. (2015). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja rosdakarya Bandung.
Navia, Y., Asri Y., & Afnita. (2018). Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan menulis teks biografi. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 7(3), 431-439. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/100767
Prasetyo, E. (2017). Sistem informasi dokumentasi dan kearsipan berbasis client-server pada bank Sumsel babel cabang Sekayu. Jurnal teknik informasi politentik Sekayu, 7(2), 1-10. http://jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/view/101
Prayitno, E., & Masduki, L. R. (2016). Pengembangan media blended learning dengan model flipped classroom pada mata kuliah pendidikan matematika II. Jurnal ilmiah pendidikan matematika, 1(2), 121-126. http://103.98.176.9/index.php/JIPMat/article/view/1238
Puspitasari, P. D., Suwandi, S. & Suhita, R. (2018). Penerapan model pembelajaran think talk write dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan media cetak. Jurnal bahasa, sastra, dan pengajarannya, 6(1), 232-244. https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/37717
Putri, N. W. M. A., Jampel, N., & Suartama, I, K. (2014). Pengembangane-learning berbasis schoology pada mata pelajaran Ipa kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal teknologi pendidikan, 2(1), 1-11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3796
Rizki, D., & Lubis, F. (2020). Pengaruh teknik peer-correction terhadap kemampan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babalan tahun pembelajaran 2019/2020. Jurnal sastra, 9(1), 45-54. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/18334
Saddhono, K., Hasanudin, C., Fitrianingsih, A. (2019). The ability to think creatively on SSCS using schoology Apps, how is the student’s language metacognitive awareness? Ingénierie des Systèmes d’Information, 24(4), 367-375. https://doi.org/10.18280/isi.240402.
Sari, S. D., Utami, A. S., & Sunaryo, H. (2019). Peningkatan keterampilan menulis teks biografi melalui model think talk write pada peserta didik kelas X IPA 2 SMA N 09 Malang. PBSI, 7(1), 65-76. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/7431
Siregar, R. S., Harahap, M, S., & Elindra, R. (2019). Efektivitas model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Jurnal mathedu, 2(3), 49-57. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1053
Suardi, M. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepblish
Sugiyono. (2015). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuanlitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta Bandung.
Suherli. Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta : Kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Wayan, N. S. (2019). Analisis struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita ulang biografi karya mahasiswa program studi bimbingan konseling IKIP PGRI Bali. Jurnal pendidikan. 20 (2), 270-277. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/widyadari/article/view/502
Yani, M., Martono., & Ramdani, D. (2017). Peningkatan keterampilan menyusun teks biografi model project basad learning siswa SMP Negeri 2 Pontianak. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa, 6(1), 1-12. https://core.ac.uk/download/pdf/289715521.pdf
DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2591
Refbacks
- There are currently no refbacks.