PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA

Dian Anggoro Widiatmoko, Yanuar Bagas Arwansyah, Nina Widyaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan produk media pembelajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita; 2) mengetahui kualitas media pembeajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita berdasarkan penilaian ahli; 3) mengetahui daya tarik media pembelajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita; dan 4) mengetahui efektifitas kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menuulis teks berita. Hasil penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran kartu bergambar tiga dimennsi untuk pembelajaran menulis teks berita. Kualitas kartu bergambar tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis teks berita berdasarkan penilaian ahli media mendapat skor 71 dengan rata-rata 3,73  pada kualifikasi sangat baik, penilaian ahli materi mendapat skor 68 dengan rata-rata 4 pada kualifikasi sangat baik. Daya tarik respon siswa mendapatkan nilai 53,7 dengan nilai presentase  94 % pada kualifikasi sangat baik. Hasil tes siswa menggunakan media kartu bergambar tiga dimensi efektif dengan hasil menunjukkan rata-rata yang berbeda dan signifikan.


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu Bergambar Tiga Dimensi

Full Text:

PDF

References


Amalia, Zuhruf. 2013. Peningkatan Menulis Teks Berita Melalui Media Foto Peristiwa Pada Peserta Didik Siswa Kelas VIII SMP N 5 Pekalongan. Skripsi. FBS UNS.

Anugerah, Rio. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Investigasi Kelompok Berbasis Konservasi Karakter Dan Budaya Pada Siswa Kelas VIII SMP Teuku Umar Semarang. Skripsi. Semarang: FBS UNS.

Ari, Dwi. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menulis Teks Eksplanasi Berdasarkan Pendekatan Proses Untuk Siswa SMP kelas VII. Skripsi. FBS UNY.

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Azizah, Nur. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Siswa Kelas III Madrasah Ibitidaiyah Darrusalam Tajinan Malang. Skripsi. Malang: FITK: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Cahya, Inung. 2012. Menulis Berita di MEDIA MASSA.Jogjakarta: Citra Aji Parama.

Eko Putro Widoyoko. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, Gorys. 2009. Komposisi. Flores: Nusa Indah

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok:Rajagrafindo.

Sadiman, Arief, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian. Pengembangan dan Pemanfaatnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sri Anitah. 2010. Media Pembelajaran Surakarta:Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandang, Kustadi. 2010. Pengantar Jurnalistik, Seputar Organisasi, Produk & Kode Etik. Bandung: Nuansa.

Suharjono, Bambang. 2012. Sukses Menjadi Penulis. Jakarta: Oncor Semesta Publisher.

Sunarti & Selly Rahmawati. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Andi Offset

Susila, Rudi dan Cepi Riayna. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima,

Tarigan, Henri Guntur. 2009. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tegeh,I,M, Jampel,I,N, dan Pudjawan,K. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Umayah. Siti, dkk. 2013. Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi Sebagai Media Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran IPA Terpadu. Unnes Science Education Journal. November 2013. Http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php.usej (Diakses April 2018).

Undang-undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf, diunduh 28 April 2018)

Wina, Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia.




DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i1.2618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.