PENGEMBANGAN BUDAYA ISLAMI PADA ANAK KELOMPOK B BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH JOMBOR KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Hetti Lasmiyati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan  budaya Islami bagi anak kelompok B di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Jombor Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten pada tahun pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, bertempat di ABA Jombor Kecamatan Ceper  Kabupaten Klaten, tahun 2018. Subyek  dalam penelitian adalah kepala sekoalah dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan  data menggunakan triangulasi, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : pengembangan  budaya Islami pada anak kelompok B di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah sudah berkembang dengan baik berdasarkan pengamatan setiap hari, baik kegiatan di dalam kelas maupun diluar kelas. Bentuk pengembangan budaya Islami di sekolah antara lain pada setiap datang di sekolah selalu senyum, sapa, mengucapkan salam dan cium tangan pada semua guru, berdo’a  sebelum ikut kegiatan belajar di dalam kelas, dan mengikuti pelajaran yang disampaikan guru seperti membaca iqro’, menghafal rukun Islam, rukun iman  dengan nyanyian, menghafal nama-nama Malaikat dengan tepuk dan hafalan bacaan shalat”. Hambatan : karakteristik  dan potensi anak yang berbeda, momen yang terjadi di setiap hari yang berubah-ubah dan kemampuan guru yang berbeda-beda dalam mengelola situasi dan kondisi yang ada. Karakteristik dan potensi anak yang berbeda-beda, kemampuan  dalam mengelola situasi dan kondisi yang dimiliki setiap guru berbeda, ada yang menjadi hambatan lain dalam pengembangan budaya Islami, yaitu pengalaman anak yang berbeda di luar lingkungan sekolah, karena memiliki latar belakang keluarga dan  lingkungan yang berbeda, sehingga mempengaruhi perilaku anak.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Budaya, Islami


References


Iskandar Wiryokusumo, (2011), Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Jakarta:Bumi Aksara.

Kemenag Wil.Prop.Jateng, 2011, Pedoman Penyusunan perangkat Pembelajaran RA/BA, Semarang:Mapenda Kemenag Wilayah Ptopinsi Jawa Tengah.

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta

Kozier, B. Erb, G. Berman, A. & Synder, S. J. (2004). Fundamental of Nursing: Concepts, Process & Practice, 7th edition. Nem Jersey: Pearson Prentice Hall

Lilis Suryani dkk. (2008) Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dsar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhaimin (2012) Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widyosiswoyo, S. (2002). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta:Ghalia Indonesia

Depkominfo//, (2006). Pentingnya Pendidikan Dalam Keluarga. Jakarta: Depkominfo

Home// Mendidik Anak , Tips Mengasuh Anak » Mengenal Perkembangan Nilai-Nilai Keagamaan Anak Usia Dini

Home/Moral Agama Sosial Emosi/Contoh Kegiatan Pengembangan Nilai Agama Anak Usia Dini Contoh Kegiatan Pengembangan Nilai Agama Anak Usia DiniPAUD JatengSeptember 28, 2015Moral Agama Sosial Emosi




DOI: https://doi.org/10.19305/elha.v9i2.4749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.