PENGEMBANGAN BUDAYA ISLAMI PADA ANAK KELOMPOK B BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH JOMBOR KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan budaya Islami bagi anak kelompok B di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Jombor Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten pada tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, bertempat di ABA Jombor Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten, tahun 2018. Subyek dalam penelitian adalah kepala sekoalah dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : pengembangan budaya Islami pada anak kelompok B di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah sudah berkembang dengan baik berdasarkan pengamatan setiap hari, baik kegiatan di dalam kelas maupun diluar kelas. Bentuk pengembangan budaya Islami di sekolah antara lain pada setiap datang di sekolah selalu senyum, sapa, mengucapkan salam dan cium tangan pada semua guru, berdo’a sebelum ikut kegiatan belajar di dalam kelas, dan mengikuti pelajaran yang disampaikan guru seperti membaca iqro’, menghafal rukun Islam, rukun iman dengan nyanyian, menghafal nama-nama Malaikat dengan tepuk dan hafalan bacaan shalat”. Hambatan : karakteristik dan potensi anak yang berbeda, momen yang terjadi di setiap hari yang berubah-ubah dan kemampuan guru yang berbeda-beda dalam mengelola situasi dan kondisi yang ada. Karakteristik dan potensi anak yang berbeda-beda, kemampuan dalam mengelola situasi dan kondisi yang dimiliki setiap guru berbeda, ada yang menjadi hambatan lain dalam pengembangan budaya Islami, yaitu pengalaman anak yang berbeda di luar lingkungan sekolah, karena memiliki latar belakang keluarga dan lingkungan yang berbeda, sehingga mempengaruhi perilaku anak.
Kata Kunci: Pengembangan, Budaya, Islami
References
Iskandar Wiryokusumo, (2011), Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Jakarta:Bumi Aksara.
Kemenag Wil.Prop.Jateng, 2011, Pedoman Penyusunan perangkat Pembelajaran RA/BA, Semarang:Mapenda Kemenag Wilayah Ptopinsi Jawa Tengah.
Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kozier, B. Erb, G. Berman, A. & Synder, S. J. (2004). Fundamental of Nursing: Concepts, Process & Practice, 7th edition. Nem Jersey: Pearson Prentice Hall
Lilis Suryani dkk. (2008) Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dsar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhaimin (2012) Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Widyosiswoyo, S. (2002). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta:Ghalia Indonesia
Depkominfo//, (2006). Pentingnya Pendidikan Dalam Keluarga. Jakarta: Depkominfo
Home// Mendidik Anak , Tips Mengasuh Anak » Mengenal Perkembangan Nilai-Nilai Keagamaan Anak Usia Dini
Home/Moral Agama Sosial Emosi/Contoh Kegiatan Pengembangan Nilai Agama Anak Usia Dini Contoh Kegiatan Pengembangan Nilai Agama Anak Usia DiniPAUD JatengSeptember 28, 2015Moral Agama Sosial Emosi
DOI: https://doi.org/10.19305/elha.v9i2.4749
Refbacks
- There are currently no refbacks.