Hubungan Intensitas Menonton Televisi dengan Minat Baca Siswa (Kajian di Masa Pandemi Covid-19)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, D. (2016). Pengaruh intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan anak dalam membagi waktu belajar di min 2 model samarinda. Ilmu Komunikasi, 4(3), 305-319
Ama, R. G. T. (2020). Membangun minat baca pada siswa sekolah dasar. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Asniar, La Ode Muharam, D. P. S. (2020). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat baca siswa. Jurnal Bening, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.36709/bening.v4i1.10484
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194
Azmi, N. (2014). Dampak media televisi terhadap prilaku sosial anak. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 11-28. http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v3i2
Bangsawan, I. P. R. (2018). Minat baca siswa. Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin
Briandana, R. (2019). Television and national identity: An ethnography of television audience in the border of indonesia-malaysia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 23(1), 72-85..
Burhan, dkk. (2015). Statistik terapan untuk penelitian ilmu sosial (teori & praktik dengan ibm spss statistic 21). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Chhachhar, A. R., Hassan, S., Haq, I., & Omar, S. Z. (2012). Television viewing habits among farmers in pakistan. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(11), 11004–11008.
Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fahmy, Z., Utomo, A. P. Y., Nugroho, Y. E., Maharani, A. T., Liana, N. I., Alfatimi, N. A., ... & Kesuma, R. G. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121-126. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48469
Hardianto, D. (2011). Studi tentang minat baca mahasiswa fakultas ilmu pendidikan UNY. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3218
Hardi. (2014). Statistika untuk penelitian pendidikan. Sukoharjo: FATABA Press.
Jati, A. P. (2017). Pengaruh intensitas menonton televisi dan penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 sd se-gugus ki hajar dewantara kecamatan ngluwar magelang. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta
Khurya, K. R., & Prayoga, D. (2021). Kelelahan mata selama pandemi covid-19: Literature review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(4), 515-524. https://doi.org/10.32583/pskm.v11i4.1648
Low, G. and A. S. S. (2009). An Analysis of reading profile of generation-x in singapore. Asia-Pacific Conference on Library & Information Education & Practice, 200–210.
Majid, S., & Tan, V. (2007). Understanding the reading habits of children in singapore. Journal of Educational Media & Library Sciences, 2(45), 187–198.
Mariskhana, K. (2017). Pengaruh televisi dan gadget terhadap prestasi belajar anak. Jurnal Perspektif, 15(2), 129-135
Muzdhalifah, M., Majdi, M., & Rahimah, R. (2021). Manfaat media televisi sebagai sarana perkembangan kognitif anak usia dini. WANIAMBEY: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 21-37. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.54
Prasetyo, A. E. C. (2012). Pengaruh bimbingan belajar orang tua dan intensitas menonton televisi terhadap prestasi belajar siswa kelas rendah di SDN Kalipang 03 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar/Ardhianti Endah Catur P (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). http://repository.um.ac.id/id/eprint/104513
Putro, Sutanto Trijuni, dkk. 2020. Problematika pembelajaran di era pandemi covid-19 studi kasus: Indonesia, filipina, nigeria, ethipoia, finlandia, dan jerman. Jurnal Pendidikan Geografi, 18(2), 118-131. https://doi.org/10.21831/gm.v18i2.36058
Setiawan, M. A., Sari, N. P., & Arisanty, D. (2020). Intensitas interaksi parasosiai mahasiswa menonton drama korea selama tinggal di rumah pada masa pandemi. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18755
Setiyanto, D. A., Ulfa, N. S., Herieningsih, S. W., & Pradekso, T. (2015). Pengaruh intensitas menonton televisi dan pendampingan orangtua dalam menonton televisi terhadap kedisiplinan belajar. Interaksi Online, 3(3). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/8925
Siregar, J. R. (2017). Perkembangan dan pengasuhan anak hingga remaja: Untaian mutiara. Bandung: PT Alumni.
Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Sumira, D. Z., Deasyanti, D., & Herawati, T. (2018). Pengaruh metode scramble dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Indonesian journal of primary education, 2(1), 62-71. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11673
Syarah, M. M., & Komariah, K. (2018). Pencegahan pengaruh negatif siaran televisi terhadap anak-anak. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 434-445. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i3.4058
Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.22515/jenius.v2i2.4101
Refbacks
- There are currently no refbacks.