Kompetisi Bisnis Konvensional Terhadap Bisnis Online Pada Media Sosial Di Kecamatan Klirong Kebumen

Farkhan Fuady, Alfiana Zahwa Nur Rokhmat

Abstract


Technological advances make it easier for humans to carry out daily activities, especially in terms of doing business. Online business is the implementation of technological advances. So this research will explore conventional business strategies with online businesses. This study aims to determine the strengths and weaknesses of the two businesses. It also aims to find out the business strategy in maintaining its business. This study uses a qualitative approach. Data collection methods are interviews and observation. The data validity technique uses the Triangulation technique. The findings of this study prove that social media is used as a promotional medium for both conventional and online businesses. This study also proves that in order to maintain a conventional business in the midst of the rise of online business, shopping vouchers are given with applicable regulations.

Keywords


conventional business; online business; modern market; strategy

Full Text:

PDF

References


Anuraga, Y. M. (2010). Strategi Penetapan Harga Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Perusahaan Sepatu Bakti Surakarta. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ardiyanta, O. (2013). Analisis Strategi Distribusi Untuk Meningkatkan Volume Penjuala Pada PT. Salama Nusantara. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ariyanti, F. (2018). Banyak Toko Konvensional Tutup, Menteri PPN Sebut Arus Digitalisasi Makin Mainstream - Bisnis Liputan6.com. Retrieved June 7, 2021, from Liputan6.com website: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3286512/banyak-toko-konvensional-tutup-menteri-ppn-sebut-arus-digitalisasi-makin-mainstream

Asmuni. (2019). Menolak Bangkrut: Usaha UMKM Beradaptasi Dalam Pasar Online. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 2(1), 15–25. https://doi.org/10.37849/mipi.v2i1.117

Astika, A. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Berbasis Syariah Terhadap Minat Konsumen Untuk Membeli Barang Pada Zoya Palembang. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.

Budhi, G. S. (2016). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada Indonesia. Elinvo: Electronics, Informatics, And Vocational Education, 1(2), 78-83. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10880

Ekawati, S. & Sha, T. L. (2019). Implementasi Strategi Manajemen Ritel Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 48-57. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4316

Griffin, R. W., & Ebert, R. J. (2006). Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Handayani, L. (2018). Nilai-Nilai Ekonomi Dan Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 14–25.

Harisudin, M. (2019). Strategi Bersaing Pasar Legi Kota Surakarta Dalam Menghadapi Pasar Modern. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 5(1), 43-54. https://doi.org/10.18196/agr.5174

Heriawan, T. (2018). Analisa Kreatifitas Pelaksanaan Strategi Pemasaran Pada Usaha Retail Business (Bisnis Eceran) Untuk Usaha Mini Market Konvensional Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, 9(1), 58-69.

Husna, N. (2017). Strategi Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Pada PT. Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Khasanah, K. (2016). Strategi Pemasaran Toko Pakaian Muslim Pasar Tradisional Menghadapi Toko Pakaian Muslim Modern (Studi Kasus Pada Toko Asrie Kecamatan Limpung Kabupaten Batang). Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Lubis, N. H. (2019). Strategi Bertahan Pedagang Konvensional Di Tengah Perkembangan Online Shop (Studi Kasus Perdagangan Di Pasar Petisah Kota Medan Sumatera Utara). Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Mahkota, A. P., Suyadi, I., & Riyadi, R. (2014). Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 1-7.

Nasution, N. S. A. (2020). Kelemahan Informasi Syarat Kontrak Dalam Perdagangan Secara Elektronik Berakibat Keadilan Belum Berpihak Pada Konsumen, Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1), 156-171. https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v2i1.132

Nugroho, A. (2019). Pengertian E-Commerce Dan Perkembangannya di Indonesia - Qwords. Retrieved June 10, 2021, from qwords.com website: https://qwords.com/blog/pengertian-e-commerce

Nurisusilawati, I. & Subagyo, S. (2016). Penentuan Strategi Saluran Distribusi Berdasarkan Karakteristik Produk Sukses. Forum Teknik: Majalah Ilmiah Teknologi, 37(1), 49–57.

Nurngaeni, E. (2017). Pemanfaatan Media Sosial (Online) Sebagai Distribusi Barang Era Digital Di Pasar Klewer Surakarta. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1), 55–64. https://doi.org/10.20961/jas.v6i1.18118

Oktaviani, L., & Kadiyono, A. L. (2019). Budaya Organisasi Pada Perusahaan Distribusi Dengan Model Bisnis Konvensional. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1), 46–61. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i1.105007

Purwanti, T. (2016). Strategi Bertahan Pedagang Awul Awul Di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian) (Study Pada Konsumen Yang Membeli Produk Diskon Di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 184–193.

Raf, M. (2012). Pengaruh Faktor-Faktor Memotivasi Konsumen Berbelanja Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Di Pasar Modern Kota Jambi. Dmj: Digest Marketing, 1(1), 63–75.

Rahayu, Y. S., & Fitanto, B. (2013). Strategi Pedagang Pasar Tradisional Menghadapi Persaingan Dengan Retail Modern Dan Preferensi Konsumen (Studi Kasus Pada Pasar Legi Kota Blitar) Yenika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1(2), 1–10.

Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32-37. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868

Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL (Jurnal Ilmu Komunikasi), 6(9), 1689–1699. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931

Saul, E. Y., & Susilo, Y. S. (2015). Strategi Bersaing Dan Strategi Bertahan Pada Industri Mikro Dan Kecil Bakpia Pathok Di Kecamatan Ngampilan Yogyakarta Tahun 2015. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Situmeang, R. R. (2018). Dampak Bisnis Online Dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab Di Kota Medan). Ajie, 3(3), 319–335.

Suatma, J. (2013). Analisis Strategi Inovasi Atribut Produk Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Skuter Matik Merek Honda Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 5(2), 19–35.

Sudrartono, T. (2019). Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Usaha Mikro Kecil. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 53–64. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.40

Sugara, A. & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen “Z”). Administrasi Bisnis, 52(1), 8–15.

Sujamawardi, L. H. (2018). Analisis Yuridis Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik. Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis Dan Investasi, 9(2), 84–100. https://doi.org/10.28932/di.v9i2.974

Suwarso. (2018). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pengantar Bisnis Terhadap Motivasi Dan Minat Wirausaha (Study Kasus Mahasiswa Akademi Akuntansi Pgri Jember). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 98-107. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1755

Tharob, G. F., Mingkid, E., & Paputungan, R. (2017). Analisis Hambatan Bisnis Online Bagi Mahasiswa Unsrat. Acta Diurna, VI(2), 1-19.

Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap. AJIE: Asian Journal Of Innovation And Entrepreneurship, 1(3), 175-190.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.22515/literasi.v1i2.3717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.