Parameter Tindak Tutur Santri dan Ustazah pada Pembelajaran Kitab Amsilati di Pesantren Darussalam
Abstract
Bentuk kesantunan berbahasa secara verbal ditemukan di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan parameter tindak tutur santri dan ustazah
pada pembelajaran Amsilati di Pesantren Darussalam dengan menggunakan teori
Grice. Data diambil dari tuturan santri dan ustazah pada saat pembelajaran
Amsilati berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode deskripstif
kualitatif dengan teknik observasi. Adapun pengumpulan data melalui
pengamatan, penglihatan, pendengaran dan terlibat secara langsung dengan
penutur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (2) data berbentuk pelanggaran
maksim kuantitas, (1) data mematuhi maksim kuantitas. (1) data pelanggaran
maksim kualitas, dan (1) data mematuhi maksim kualitas. Kemudian (1) data
mematuhi maksim relevansi, dan (1) data terakhir berupa pelanggaran maksim
pelaksanaan. Hal tersebut menunjukkan lebih banyak pelanggaran yang dilakukan
dari pada mematuhi prinsip kerja sama Grice.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anita, Nur dkk. Komunikasi Interpersonal Ustad dan Ustazah dalam Proses
Membimbing Santri Upaya Memberikan Pemahaman Agama Pada Anak di
TPA Al- Mukhayyarah. Jurnal Al-Bayan Vol. 23 No. 2 Juli – Desember 2017
(hal: 299).
Budiwarti Tri Rina. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan
Dosen Universitas Ahmad Dahlan: Analisis Pragmatik. [Jurnal]. -
Yogyakarta: The 5th Urecol Proceding, 2017.
Cahyaningrum, Fitria. dkk. Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi
Kelas Di Sekolah Menengah Atas Berlatar Bahasa Jawa. JURNAL
GRAMATIKA ISSN: 2442-8485 E-ISSN: 2460-6316 (hal: 72).
Cahyaningrum, Fitria dkk. Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Konteks
Negosiasi di Sekolah Menengah Atas.[Jurnal]. - [s.l.] : Jurnal Pena
Indonesia, 2018. - 1 : Vol. 4.
Dari, Ayu Wulan dkk. Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan
Pembelajaran Kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran
/2017. Jurnal Korpus, Volume I, Nomor I, Agustus 2017(Hal: 11).
Dewi, Luthfi Puspita. 2019. Peran Dukungan Sosial Ustazah dan Kematangan
Emosi Terhadap Penyesuaian Akademik Santriwati. Skripsi. Universitas
Muhammadiyah Surakarta Prodi Psikologi. Fakultas Psikologi.
Elvita Yenni Yusriati, Ambar Wulan Sari. Pola Pengajaran Kesantunan Berbahasa
Anak di Lingkungan Keluarga. [Jurnal]. - [s.l.] : Jurnal Tarbiyah , 2018. -
: Vol. 25.
Fakhrurrazi. Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir Vol. XI No. 1
Juni 2018 (hal: 88).
Febriasari, Diani dan Wenny Wijayanti. Kesantunan Berbahasa dalam Proses
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo Vol. 2 No. 1 Oktober 2018
(Hal: 142)
Fikri, Wahyu Najib. Implementasi Metode Amsilati dalam Membaca Kitab
Kuning Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak. POTENSIA:
Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 4, No. 2, Juli – Desember 2018 (Hal: 128).
Gunawan Fahmi Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen di
STAIN Kendari Kajian Pragmatik [Jurnal]. - Kendari : Journal Arbitrer,
- Vol. 1.
Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Metode
Praktis Mendalami Al Quran dan Membaca Kitab Kuning) Jilid 1. Jepara: Al Falah Offset.
Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Metode
Praktis Mendalami Al Quran dan Membaca Kitab Kuning) Jilid 2. Jepara: Al
Falah Offset.
Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Metode
Praktis Mendalami Al Quran dan Membaca Kitab Kuning) Jilid 3. Jepara: Al
Falah Offset.
Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Metode
Praktis Mendalami Al Quran dan Membaca Kitab Kuning) Jilid 4. Jepara: Al
Falah Offset.
Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Metode
Praktis Mendalami Al Quran dan Membaca Kitab Kuning) Jilid 5. Jepara: Al
Falah Offset.
Hakim, Taufiqul. 2003. Program Pemula Membaca KItab Kuning (Khulasoh).
Jepara: Al Falah Offset.
Hanani, Nurul. Manajemen Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning. Realita
Volume 15, No. 2 Tahun 2017 (hal: 3).
Hidayah, Basyhirotul. Penerapan Metode Amsilati dalam Penguasaan Kitab
Kuning Di Pesantren Putri Al-AmanahTambakberas Jombang. Muróbbî:
Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2, Nomor 2, September 2018 (Hal: 225).
Kuntarto, Eko dan Abdoel Ghafar. Manifestasi Prinsip kesantunan, Prinsip Kerja
sama, dan Implikatur Percakapan pada Interaksi di Lingkungan Sekolah.
Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.16 No.3 Tahun 2016(Hal :
.
Malik, Bin Abdullah. 1408. Nadzaman Khulasoh Alfiyah Ibnu Malik. Semarang:
Pustaka Alawiyah.
Maulidi, Ahmad Kesantunan Berbahasa pada Media Jejaring Sosial Facebook.
[Jurnal]. - [s.l.] : e-Jurnal Bahasantodea, 2015. - Nomor 4 : Vol. Volume 3.
Muhamkamurrohmah Ahmad Pesantren: Santri, Kiai, dan Tradisi [Jurnal]. -
[s.l.] : Jurnal Ibda', 2015. - Vol. 12.
Normalita, Aulia dan Wahyu Oktavia. Komunikasi Multilingual pada Komunitas
Santri Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam Di Kartasura. Jurnal
IMAJERI Vol. 02, No. 1, pp. 24-31; September 2019(hal: 25).
Nurjamily Wa Orde Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Lingkungan
Keluarga (Kajian Sosiopragmatik) [Jurnal]. - [s.l.] : Jurnal Humanika, 2015. -
Vol. 3.
Rahardi Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Erlangga.
Rahmawati, Ana Trisya. Pola Komunikasi Santri terhadap Kiai: Studi atas Alumni
Pondok Modern dan Alumni Pondok Salaf. Academica - Vol. 1 No. 1, Januari
- Juni 2017(hal: 4).
Rasyidin, Al. Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Musthafawiyah,
Mandailing Natal. JOURNAL OF CONTEMPORARY ISLAM AND MUSLIM
SOCIETIES. VOL.1 NO.1 JANUARI-JUNI2017 (hal: 42).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bangdung:
Alfabeta.
Sonhaji. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal
Kependidikan, Vol. II No. 2 November 2014 (hal: 31).
Zuhdiyah. Pendekatan Terpadu dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok
Pesantren Sabilul Hasanah Banyuasin III. Intizar, Vol. 19, No. 1, 2013(hal:
.
Zuhriyah Dwi Kurniasih dan Siti Aminataz Alih Kode dan Campur Kode di
Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam [Jurnal]. - surakarta : journal
Indonesian Language education and literature, 2017. - Vol. 3.
DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2612
Refbacks
- There are currently no refbacks.