Deiksis Pada Kumpulan Iklan Provider 2019
Abstract
Penelitian ini membahas tentang deiksis dalam Kumpulan Iklan Provider 2019 . Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan deiksis yang terdapat pada provider telkomsel, XL, dan Smartfren. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis isi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat atau ungkapan pada iklan 1) Taktik My Telkomsel Tragedi Ditengah Antri 2) Jadi Berasa Xtra dengan Paket XL Xtra Combo VIP 3) Kata Hati Eps. 1 XL Present 4) Jadi Menang Menang dan Dapat Uang Jutaan Rupiah XL Xtravaganza 5) Uji Jaringan Telkomsel di Tol Jakarta-Cikampek II Elevated 6) Telkomsel 5G for Industry 4.0: Advancing The Nation, Accelerating Innovation 7) Telkomsel OMG! – Menjangkau Jarak dengan Konektivitas Tanpa Batas 8) Bagusnya 4G telkomsel : Menangkal Berita Hoax 9) Mudahnya Pindah ke Bagusnya 4G telkomsel 10) Pemenang Hadiah RUMAH – Program Undian smartWOW Tahap 2 11) Pemenang Hadiah Grand Prize – Program Undian smartWOW Tahap 2 (Mobil dan Vespa) 12) Dear Future Indonesia Kuota Suaramu Kuotakan Maumu Harapan Kalian Untuk Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumentasi atau kajian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menemukan 75 kata yang mengandung bentuk deiksis persona, 23 kata yang mengandung jenis deiksis tempat, dan 11 bentuk kata yang mengandung jenis deiksis waktu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, dkk. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan
Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Aziz, Abdul Malik. (2019). Penggabungan Dua Koneksi Internet Service
Provider Dengan Teknik Load Balancing Menggunakan Metode Equal
Cost Multi Path. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Lampung: Edupustaka
Jaiz, Muhammad. (2014). Dasar-Dasar periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kriyantono, Racmat. (2013). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktek. Malang:
Tim UB Pres
Laksana, Tri Ginanjar.(2017). Analisa Pola Pemilihan Provider Telekomunikasi
Berdasarkan Pekerjaan Dengan Algoritma Klustering K-Means. Program
Studi Informatika. Purwokerto: Sekolah Tinggi Telematika Telkom
Purwokerto.
Sudrayat, Yayat. (2014). Makna Dalam Wacana. Bandung: CV Yrama Widya
Sulaeman, A & Goziyah. (2019). Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra.
Jakarta: EDU PUSTAKA
Sunarto. (2006). Teknologi Informasi dan Komunikasi IX. Jakarta: PT Grasindo
Yule, George (2015). Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yule, George. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2690
Refbacks
- There are currently no refbacks.