KENDALA LITERASI BACA TULIS SEBAGAI IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI NASIONAL DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN BUN

Cidenty Dea Crismonia Dwijayati, Laili Etika Rahmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realisasi literasi baca-tulis dan kendala yang dihadapi siswa, guru atau sekolah dalam melakukan literasi baca-tulis di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPS 2 SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, Guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Sedangkan objek penelitian ini adalah literasi baca-tulis di SMA Negeri 1 Pangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Data dianalisis melalui dua cara, yaitu menggunakan metode agih dan metode padan. Penelitian ini menggunakan triangulasi teori, yakni mengecek kembali validitas data penelitian dengan teori-teori terkait yang sudah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi siswa di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun  dalam  melakukan literasi baca-tulis adalah: 1. Guru terkadang tidak mendampingi siswa saat melakukan literasi, 2. Mengganggu daya ingat siswa untuk persiapan ulangan harian, 3. Sulit dalam memahami isi buku, 4. Teman mengganggu saat melakukan literasi, 5. Tidak membawa buku saat melakukan literasi, 6. Tidak ada pembaharuan buku di pojok literasi. Kendala yang dihadapi guru adalah: 1. Siswa sibuk mempelajari materi ulangan harian, 2. Siswa asik mengobrol dengan teman, 3. Kegiatan literasi tidak akan berjalan apabila tidak didampingi oleh guru. Kendala yang dihadapi sekolah adalah: 1. Minimnya buku literasi di perpustakaan sekolah 2. Siswa tidak akan melakukan literasi apabila tidak didampingi oleh guru.


Keywords


GLN, Literasi baca tulis, Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.