ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN AUTOBIOGRAFI KARYA MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA IAIN SURAKARTA

Nazilla Isni Nurrahmi

Abstract


ABSTRACT

This study aims to describe language errors in autobiographical writing as well as the factors behind the occurrence of language errors by Indonesian Language Tadris students 2018 IAIN Surakarta.

This type of research uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques in this study were reading, interviewing and taking notes. The validity of the data used theoretical triangulation. This study uses the theory of Setyawati, Matanggui, Zaenal Arifin and Tarigan. The data analysis technique used is an interactive model. The results of the research and data analysis on Language Errors in Autobiographical Writing by Students of the IAIN Surakarta Language Study Program, the researcher found 483 error cases including 54 morphological errors, 25 phonological errors, 463 syntactic errors, 8 semantic errors and 5 discourse errors. Whereas in the data analysis, 50 data were taken and 10 errors were found in the morphological level of the prefix removal, 11 errors in the phonological level in the addition of consonant phonemes, 36 syntactic errors in the use of excessive or redundant words, 4 errors in semantic level in incorrect word selection and cases of errors in the level of discourse in the word order or sentence patterns that are not right. The factors underlying the occurrence of language errors include (1) being affected by the language that was mastered first, (2) the speaker's lack of understanding of the language, (3) the lack of proper language teaching.

Keywords: language errors, autobiography, TBI

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam penulisan autobiografi serta faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan berbahasa oleh mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Tahun 2018 IAIN Surakarta.

Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah membaca, wawancara dan mencatat. Keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Penelitian ini menggunakan teori dari Setyawati, Matanggui, Zaenal Arifin dan Tarigan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian dan analisis data terhadap Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Autobiografi Karya Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa IAIN Surakarta, peneliti menemukan 483 kasus kesalahan yang meliputi 54 kesalahan morfologi, 25 kesalahan fonologi, 463 kesalahan sintaksis, 8 kesalahan semantik dan 5 kesalahan wacana. Sedangkan pada analisis data diambil sebanyak 50 data dan ditemukan 10 kesalahan tataran morfologi pada penghilangan prefiks, 11 kesalahan tataran fonologi pada penambahan fonem konsonan, 36 kesalahan sintaksis pada penggunaan kata yang berlebihan atau mubadzir, 4  kesalahan tataran semantik pada pemilihan kata yang tidak tepat dan 1 kasus kesalahan tataran wacana pada susunan kata atau pola kalimat yang tidak tepat. Adapun faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan berbahasa antara lain (1) terpengaruh bahasa yang dikuasai lebih dulu, (2) kurangnya pemahaman penutur terhadap bahasa, (3) kurang tepatnya pengajaran bahasa.

Kata Kunci : kesalahan berbahasa, autobiografi, TBI.


Keywords


kesalahan berbahasa, autobiografi, TBI.

Full Text:

PDF

References


Ahmad dan Alek. 2016. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi: Substansi Kajian dan Penerapannya. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Anjarsari, Nurvita, dkk. 2013. Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing Di Universitas Sebelas Maret. Jurnal Basastra. Vol. 1, No.2.

Ariningsih, Nur Endah, dkk. 2012. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Basastra, Vol. 1, No. 1.

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

--------, Abdul. 2013. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Istinganah, Nurul. 2012. Analisis Kesalahan Sintaksis Pada Karangan Ekspositotis Siswa Kelas VIII SMP 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hastuti, Sri. 2003. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ghufron, Syamsul. 2015. Kesalahan Berbahasa: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Johan, G.M. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses

Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1),136-149.

Kusmana, Suherli. 2014. Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Markhamah dan Sabardila, A. 2010. Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: Jagat Abjad.

Maryadi, dkk. 2009. Model Penggalian Potensi Menulis Melalui Penulisan Otobiografi. Universitas Muammadiyah Surakarta: Jurnal Penelitian Humaniora. Vol. 10, No. 1.

Matanggui, J. Arifin, Zaenal. 2015. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Moleong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narbuko dan Achmadi. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmawati dan Niken. 2017. Autobiografi Seorang Konselor Sebagai Asesmen Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 1, No. 1.

Rosiana, F.D.A. 2018. Analisis Kesalahan Struktur Kalimat Dan Ejaan Dalam Cerita Pendek Karya Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Pakem Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Septiana, Anisa Nur, dkk. 2015. Analisis Kesalahan Struktur Teks dan Pemakaian Bahasa Indonesia Pada Teks Biografi Karya Siswa SMP. Jurnal Basastra, Vol.3, No.3.

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

------------. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV Alfabeta.

Suryana,Yaya. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suryaningsih, Disty. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII MTs DDI Walimpong Kabupaten Soppeng. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Tarigan, D. dan Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Morfologi. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tobing, Roswita Lumban. 2003. Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Prancis oleh Pembelajar Berbahasa Indonesia. Sebuah Studi Kasus. Jurnal Humaniora. Vol. 15.

Wijana, I. 2010. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Program Studi S2 Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitar Gadjah Mada Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.