Relevansi Iklan Shopee COD: Sebuah Kajian Pragmatik

Hanum Ulfah Nur Baiti, Febri Yanti

Abstract


Tuturan dalam iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi antara agensi iklan dengan pangsa pasarnya. Agensi iklan berupaya memengaruhi pangsa pasarnya melalui simbol maupun tuturan yang terkandung dalam iklan. Menurut Sperber dan Wilson komunkasi yang terkandung dalam iklan merupakan komunikasi ostensif yang melibatkan efek kontekstual dan stimulus ostensif yang diketahui pangsa pasar. Artikel ini bertujuan untuk membedah teori relevansi dalam iklan Shopee COD. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini dalah teori relevansi yang digagas oleh Sperber dan Wilson. Teori relevansi berupaya menyelidiki tuturan dalam iklan yang hendak disampaikan oleh agensi iklan kepada pangsa pasarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Objek dalam penelitian ini adalah tuturan dalam iklan Shopee COD, sedangkan sumber data yaitu vidio iklan Shopee COD yang tayang di televisi.  Temuan yang diperoleh dalam artikel ini adalah agensi iklan Shopee COD ingin menyampaikan pesan kepada kawan tuturnya, yaitu pengguna Shopee khususnya penduduk desa untuk belanja di Shopee. Agensi iklan memanfaatkan beberapa efek kontekstual seperti keinginan kawan tutur untuk belanja di Shopee, kepercayaan, dan metode pembayaran serta memanfaatkan stimulus ostensif yaitu berupa lagu dan gerakan, warna oranye, dan pengulangan kata Shopee COD.

Keywords


Teori Relevansi, Stimuls Ostensif, Efek Kontekstual, Iklan, Kajian Pragmatik

Full Text:

PDF

References


Grice, H.P. (1975). Logic and Conversation, Syntax and Semantic, Speech Act, 3. New York: Academic Press.

Jaiz, Muhammad. (2014). Dasar-dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nadar, F.X. (2013). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasanius, Yassir. (2007). Pelbba 18 Pertemuan Linguistik Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Atma Jaya: Kedelapan Belas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Purnama, Lingga. (2001). Strategic Marketing Plan. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Putrayasa, Ida Bagus. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Simatupang, Taufik H. (2004). Aspek Hukum Periklanan

Perspektif Perlindungan Konsumen (Cetakan ke-1). Citra Bakti: Bandung.

Yule, George. (2006). The Study of Language. New York: Cambridge University Press.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2007) . Manajemen Pemasaran Jilid I, Edisi ke-12. Jakarta: PT Indeks.

Sperber dan Deirde Wilson. (2005). Pragmatics dalam F Jackson M Smith Oxford Handbook of Contemporary Philosophy.

Kushartanti, dkk. (2009). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Haryani, Dwi Septi. (2019). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjung Pinang. Jurnal Dimennsi, Vol. 8, No. 1,54-70

Kodong, Frans Richard, dkk. (2012). Model Aplikasi E-Market sebagai Sarana Promosi dan Tukar Menukar Infomasi Antara Penjual dan Pembeli. Jurnal Telematika, Vol, 8, No. 2, 75-84.

Lutfiyani, Siska, dkk. (2020). Sarkasme pada Media Sosial Twitter dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Tabasa, Vol,1, No. 02, 270-281

Nurjanah, Neneng. (2016). Membedah Relevansi dalam Iklan WRP. Jurnal Dialetika, 3(1), 67-86

Nurjanah, Neneng dan Rifka A. Pratiwi. (2019). Citra Perempuan Berhijab dalam Iklan Shampo: Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Pena Indonesia, Vol. 5, No. 2, 79-78.

Normalita, Aulia. (2020). Parameter Tindak Tutur Santri dan Ustazah pada Pembelajaran Kitab Amsilati di Pesantren Darussalam. Jurnal Tabasa, vol., 1, No 2, 212-228

Megawati. 2018 Analisis Teori Relevansi dalam Acara Ini Talk Show sebagai Kritik terhadap Prinsip Kerja sama Grice.

Puspitasari, Sulfia. 2015. Study of Conceptual Metaphors in Indomie Tv Commercial. Skripsi Univeristas Brawijaya, Malang.

Putri, Nurul Panca, dkk. (2020). Semiotik Roland Barthes pada Cerpen Tunas Karya Eko Tunas dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tabasa, vol., 1, No 2, 250-267

Rozul dan Agus Ramdhani Nugraha. (2018). Perancangan Sistem Informasi E-markerplace Original Clothing Indonesia Berbasis Web. Jumanta, vol., 01, No. 01, 161-170.

Wulandari, Oryz Agnu Dian, dkk. (2020). Analisis Pemanfaatan Marketplace dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Penjualan Produk UMKM di Purbalingga. Jurnal Ekonomi Manajemen, vol.6, No 2. 96-101

Yustiani, Rini dan Yunanto. (2017). Peran Marketplace sebagai Alternatif Bisnis Era Teknologi Informasi. Jurnal Komputa, vol. 6, No. 2. 43-47.

Artaya, I Putu dan Tubagus Purworusmiardi. (2019). Efektifitas Marketplace dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk bagi UMKM di JawaTimur.https://www.researchgate.net/publication/332523654_EFEKTIFITAS_MARKETPLACE_DALAM_MENINGKATKAN_KONSENTRASI_PEMASARAN_DAN_PENJUALAN_PRODUK_BAGI_UMKM_DI_JAWA-TIMUR




DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.